Atrial Fibrilasi – Operasi dan Pacemaker

Sebuah alat pacu jantung (pacemaker) adalah sebuah perangkat yang mengirimkan impuls listrik ke otot jantung untuk mempertahankan detak jantung yang ditentukan. Alat pacu jantung dapat ditanamkan pada orang dengan AF yang memiliki detak jantung yang lambat. alat pacu jantung memiliki generator denyut (yang merupakan tempat baterai dan komputer kecil) dan lead (kabel) yang mengirimkan impuls dari generator pulsa ke otot jantung, serta merasakan aktivitas listrik jantung.

doktersehat-jantung-calcium-channel-blocker-pembuluh-darah-obat-a-z

Alat pacu jantung yang lebih baru memiliki banyak fitur-fitur canggih yang dirancang untuk membantu dengan manajemen aritmia dan mengoptimalkan terkait denyut jantung fungsi sebanyak mungkin.

Apakah operasi dilakukan?
Pasien dengan atrial fibrilasi kronis tidak hilang dengan obat-obatan atau prosedur tindakan medis, atau pasien yang memiliki kondisi lain yang membutuhkan operasi jantung, mungkin menjadi kandidat untuk pengobatan bedah AF. Prosedur ini adalah jenis operasi jantung terbuka yang membutuhkan anestesi umum (Anda ditidurkan) dan perlu dirawat di rumah sakit.

Selama prosedur Maze, serangkaian sayatan yang tepat dibuat di kanan dan kiri atrium untuk membatasi impuls listrik ke jalur yang ditetapkan untuk mencapai nodus AV.

Bedah isolasi vena pulmoner merupakan modifikasi dari prosedur Maze di mana ahli bedah menggunakan sumber energi alternatif sebagai pengganti sayatan untuk menciptakan lesi. sumber energi alternatif yang digunakan selama operasi isolasi vena paru meliputi: frekuensi radio, cryothermy, dan laser. Tujuan dari keempat sumber energi untuk menghasilkan lesi dan jaringan parut untuk memblokir impuls listrik yang abnormal dari yang dilakukan melalui jantung dan untuk mempromosikan konduksi normal impuls melalui jalur yang tepat.

Banyak dari pendekatan ini dapat dilakukan dengan teknik bedah minimal invasif (endoskopi atau “lubang kunci”).

  • Ablasi Radiofrekuensi: Sebuah kateter energi frekuensi radio yang khusus digunakan untuk memanaskan jaringan dan menghasilkan lesi pada jantung mirip dengan lesi dari prosedur Maze. Ada berbagai teknik bedah yang terkait dengan jenis penggunaan kateter, dosis energi, dan jenis lesi yang dibuat.
  • Cryothermy (juga disebut cryoablasi): Suhu yang sangat dingin ditransmisikan melalui probe (disebut cryoprobe) untuk membuat lesi. Teknik ini digunakan umumnya selama operasi aritmia untuk menggantikan sayatan dibuat selama prosedur Cox Maze.
  • Laser: Laser dengan cepat akan membuat lesi atau garis blok konduksi. Teknologi laser menawarkan janji untuk pengembangan pendekatan invasif minimal tambahan.
Baca Juga:  Atrial Fibrilasi - Obat Dabigatran dan Warfarin untuk AF

Beberapa pasien mungkin memiliki fibrilasi atrium selain masalah jantung lainnya (seperti kelainan katup atau penyakit arteri koroner) yang memerlukan operasi. Dalam kasus ini, ahli bedah dapat menggabungkan operasi untuk memperbaiki fibrilasi atrium dan kondisi gangguan jantung lainnya pada waktu yang bersamaan.