Operasi Caesar Bayi Ini Mirip Layaknya Proses Persalinan Normal, Kok Bisa?

DokterSehat.Com – Dr. Jham Frank Lugo, seorang dokter kandungan yang berasal dari Centro de Fertilidad Clinica Lugo yang ada di Venezuela baru-baru ini menjadi perbincangan hangat di dunia maya. Hal ini dikarenakan Ia mengunggah video kelahiran bayi melalui operasi Caesar yang sangat tidak biasa. Dalam video ini, terlihat bahwa sang bayi seakan-akan dilahirkan secara alami padahal sedang dalam proses persalinan Caesar. Kok bisa?

doktersehat-bayi-bedong

Dalam video yang diunggah dalam akun Instagram pribadinya ini, diketahui bahwa kepala bayi ini secara perlahan keluar dari luka yang terbuka pada perut ibunya. Yang luar biasa adalah, jika biasanya bayi yang dilahirkan secara Caesar akan dibantu oleh tenaga medis agar bisa keluar dari perut ibunya, bayi ini seperti berusaha untuk mendorong dirinya sendiri agar bisa keluar. Hal ini tentu sangatlah mirip dengan proses persalinan normal, bukan?

Di postingan instagramnya sendiri, cukup banyak komentar yang mengaku takjub dengan proses persalinan yang sangat tidak biasa ini. Beberapa bahkan mengaku menangis dan menganggap hal ini sebagai sesuatu yang sangat indah dan tentu akan menjadi hal yang tidak terlupakan bagi orang tuanya di kolom komentar video yang sudah dilihat lebih dari 19 ribu kali ini.

Sebagai informasi, saat melakukan operasi Caesar, dokter biasanya akan membuat sayatan pada perut ibu agar bisa mengeluarkan bayi dari kandungannya. Namun, apa yang dilakukan oleh dr. Jham Frank Lugo ini sepertinya termasuk dalam operasi Caesar bernama gentle C-section, dimana bayi akan dipandu agar bisa keluar dari luka sayatan pada perut ibunya. Hal ini tentu mirip dengan proses persalinan normal.

Meskipun terlihat mengerikan mengingat adanya luka pada perut ibunya, pakar kesehatan menyebutkan bahwa operasi Caesar yang dilakukan dengan lebih lambat ternyata bisa menurunkan resiko. Tak hanya itu, ibu juga akan merasa lebih terlibat dalam proses persalinan buah hatinya ini.