Oon Project Pop Meninggal Dunia Setelah Organ Tubuhnya Terkena Komplikasi Diabetes

DokterSehat.Com – Anggota grup vokal Project Pop yang terkenal dengan lagu yang menarik dan lirik yang lucu bernama Oon dikabarkan meninggal dunia pada hari ini, Jumat 13 Januari 2017. Dikabarkan, Oon mengalami komplikasi penyakit diabetes tipe 2 pada organ jantung, ginjal, dan hatinya. Bagaimana komplikasi ini bisa terjadi?

doktersehat-diabetes-gula-penyakit

Pakar kesehatan dr. Em Yunir, Sp. KD-KEMD, menyebutkan jika masyarakat Indonesia memang cenderung rentan terkena diabetes karena gaya hidup yang cenderung buruk. Yang menjadi masalah adalah, banyak penderita diabetes yang tidak sadar jika Ia terkena masalah kesehatan ini dan pada akhirnya baru memeriksakan kondisinya saat sudah cukup parah. Padahal, andai penderita diabetes tidak mampu mengontrol kadar gula darahnya, maka Ia pun beresiko besar terkena komplikasi yang bisa sangat mematikan.

Menurut dr. Yunir, 7 dari 10 pasien diabetes yang memeriksakan diri di RS Cipto Mangunkusumo sudah mengalami masalah komplikasi. Komplikasi dari penyakit ini sendiri bisa merambah ke semua organ tubuh yang dialiri oleh pembuluh darah. Sebagai contoh, saat komplikasi diabetes menyerang pembuluh darah di jantung, maka penderitanya akan beresiko besar terkena serangan jantung, saat komplikasi diabetes menyerang pembuluh darah otak, maka Ia pun beresiko terkena stroke, dan lain sebagainya.

Melihat kasus yang dialami oleh Oon Project Pop, ada baiknya penderita diabetes rutin menjaga kadar gula darahnya agar lebih baik dalam mencegah munculnya komplikasi. Dr. Yunir sendiri menyarankan penderita diabetes untuk melakukan tes gula darah, termasuk HbA1C secara rutin sekali dalam 3 bulan. Dengan mengetahui kadar gula darah, penderita diabetes bisa lebih baik dalam mengatur asupan makanan yang sehat dan aman bagi kondisi kesehatannya. Selain itu, ada baiknya penderita diabetes tetap menjaga aktifitas fisik secara rutin agar kadar gula dalam darah tetap stabil. Penderita diabetes juga sebaiknya rutin meminum obat atau melakukan suntik insulin seumur hidupnya agar penyakit ini tidak memicu komplikasi yang bisa mematikan.