Omega-3: Lemak yang Baik

DokterSehat.Com– Asupan makanan berlemak berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol dan trigliserida, namun tidak semua lemak tidak sehat. Asam lemak omega-3 memiliki manfaat signifikan dalam menurunkan risiko penyakit jantung, pembunuh utama orang-orang di dunia. Omega-3 juga dapat melindungi tubuh terhadap depresi, demensia, kanker, dan arthritis. Asam lemak omega-3 ditemukan dalam jumlah yang lebih tinggi pada salmon, kenari, dan bayam.

omega-3-doktersehat

Ada banyak bentuk asam lemak omega-3. Jenis yang ditemukan pada ikan, yang disebut DHA dan EPA, telah dipelajari secara ekstensif dan tampaknya memiliki manfaat kesehatan terkuat. Bentuk lain dari asam lemak omega-3 yang dikenal dengan ALA (Alpha-Linolenic Acid atau asam alpha-linolenat).

ALA  adalah omega-3 “esensial” sejati karena tubuh kita tidak dapat membuatnya sendiri. Kita mendapatkan ALA dari makanan kita dengan mengkonsumsi makanan kaya ALA seperti pada minyak nabati, biji rami, kenari, dan sayuran berdaun gelap seperti bayam, brokoli, serta edamame. ALA adalah prekusor (bentuk awal) dari EPA dan DHA, namun tingkat konversi di tubuh kita sangat rendah – seringkali kurang dari 1 persen ALA diubah menjadi EPA dan DHA.

EPA dan DHA omega-3 berantai panjang yang dikenal untuk mendukung kesehatan jantung, otak dan mata pada semua tahap kehidupan. Sebenarnya, hati, otak dan mata kita mengandung kandungan omega-3 tertinggi dibandingkan dengan bagian tubuh manusia lainnya. Tubuh manusia tidak menghasilkan sejumlah besar EPA atau DHA dengan sendirinya, jadi Anda harus mendapatkan nutrisi penting ini dari makanan yang Anda konsumsi dan suplemen yang Anda konsumsi. Jika Anda ingin mendapatkan manfaat kesehatan dari omega-3, langsung ke sumber EPA dan DHA. EPA dan DHA secara alami ditemukan di sumber-sumber makanan kelautan, termasuk ikan berlemak seperti – salmon, tuna, mackerel, herring – shellfish, dan marine algae.

Omega-3 – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4 5