Olahraga Yang Paling Sesuai Bagi Wanita Yang Sedang Haid

DokterSehat.Com – Masa menstruasi seringkali menjadi masa yang paling menyebalkan bagi seorang wanita. Bagaimana tidak, menstruasi seringkali ikut memicu berbagai masalah kesehatan layaknya lemas seharian, tubuh yang terasa sakit, hingga kram perut yang bisa berlangsung dengan nyeri yang sangat terasa. Banyak wanita yang mengaku jika mereka bahkan tidak mampu lagi melakukan kegiatan apapun meskipun itu berupa kegiatan ringan rumah tangga, apalagi berolahraga. Padahal, olahraga sebenarnya cukup penting dan bisa membuat rasa tidak nyaman pada tubuh menjadi lebih reda. Apa sajakah olahraga yang dianggap cocok bagi wanita yang sedang haid?

doktersehat-sakit-perut

Jenis olahraga pertama yang sangat disarankan adalah dengan berlari di atas treadmill atau bahkan mengayuh sepeda statis. Memang, olahraga jenis ini akan cenderung terlihat sangat melelahkan. Padahal, olahraga yang memicu keringat mudah muncul ini akan mempu membuat tubuh meningkatkan hormon endorfin yang bisa secara ampuh mengatasi rasa sakit atau kram, apalagi sakit ini berasal dari kontraksi rahim selama masa menstruasi.

Jenis olahraga berikutnya yang akan sangat cocok bagi wanita yang sedang menstruasi adalah latihan kekuatan dan juga peregangan yang bisa dilakukan pada gym. Latihan kekuatan sendiri diyakini akan sangat cocok dilakukan bagi wanita menstruasi karena di saat inilah hormon estrogen menurun dengan signifikan sehingga wanita pun bisa melakukan banyak kegiatan berat layaknya angkat beban. Hanya saja, harap diperhatikan jika beban yang diangkat tidak terlalu berat untuk menghindari cedera. Peregangan diyakini juga akan sangat baik bagi wanita menstruasi karena kemampuannya untuk membuat otot menjadi lebih rileks sehingga kram pun akan bisa dihindari.

Jika anda suka berdansa atau ikut kelas dansa, maka bersyukurlah karena olahraga ini ternyata bisa meminimalisir penderita nyeri atau rasa tidak nyaman selama siklus menstruasi tiba. Berdansa akan cenderung sangat menyenangkan dan bisa memberikan suasana hati yang jauh lebih positif. Selain itu, berdansa selama satu jam sangat diyakini mampu membakar hingga 600 kalori yang tentu akan baik bagi tubuh wanita.