Olahraga Yang Mampu Meredakan Depresi

DokterSehat.Com – Tahukah anda, seiring dengan perkembangan jaman, semakin banyak pula orang yang terkena masalah depresi. Selain tekanan dari kehidupan sosial yang cukup tinggi, beberapa faktor lain layaknya kekecewaan atau bahkan tuntutan pekerjaan bisa menjadi penyebabnya. Yang menjadi masalah adalah, depresi bisa berpengaruh besar pada kesehatan fisik. Pakar kesehatan pun menyebutkan kita agar lebih baik dalam mengendalikan stress atau depresi. Caranya adalah dengan melakukan beberapa olahraga berikut secara rutin.

doktersehat-olahraga-lari-jogging

Jenis olahraga pertama yang dianggap sangat efektif dalam meredakan depresi adalah dengan cara berjalan santai. Meskipun terlihat layaknya kegiatan yang sepele, berjalan santai ternyata bisa membakar kalori dalam tubuh dengan signifikan dan menurunkan resiko terkena penyakit jantung. Pakar kesehatan juga menyebutkan jika berjalan santai bisa membuat mood seseorang menjadi lebih baik dan bahkan berjalan santai bisa memberikan efek layaknya anti depresan dan memicu rasa seseorang menjadi lebih bahagia. Bahkan, andai kita berjalan santai dengan menikmati pemandangan alam yang masih alami dan hijau, maka kita bisa mengurangi rasa cemas dan membuat pikiran menjadi jauh lebih tenang. Tak perlu lama-lama melakukannya, 20 menit berjalan santai di tengah-tengah alam yang masih hijau ditengarai bisa menurunkan depresi dengan sangat baik.

Olahraga berikutnya yang akan sangat baik dalam meredakan stress adalah dengan melakukan yoga. Pakar kesehatan menyebutkan jika yoga secara rutin akan secara efektif mengurangi kemarahan, rasa cemas, hingga depresi. Bahkan, kini banyak psikolog yang memasukkan aktifitas yoga sebagai salah satu solusi pereda depresi akut. Fokus yoga pada inti otot dan juga pernafasan ternyata bisa memicu pikiran menjadi lebih tenang dan bahkan jika kit menarik nafas dalam-dalam, kecemasan dan depresi bisa menjadi lebih reda dengan segera. Praktek yoga sendiri kini telah banyak tersedia di berbagai tempat sehingga bisa dijadikan solusi efektif bagi mereka yang ingin mengendalikan stress dan depresi dengan lebih baik.