Olahraga Yang Cocok Untuk Ibu Hamil

DokterSehat.com – Kondisi tubuh yang menopang beban dalam waktu yang cukup lama terkadang membuat ibu hamil sering mengalami sakit pinggang, pusing, dan mudah lelah. Meski begitu, bukan berarti ibu hamil boleh bermalas-malasan. Walaupun sedang hamil seorang wanita disarankan untuk tetap berolahraga supaya tubuh tetap bugar.



Olahraga saat hamil bisa memperbaiki kinerja jantung, menjaga kebugaran tubuh, mengontrol berat badan, dan menyiapkan otot-otot untuk persalinan tanpa mengakibatkan stres atau gangguan janin dalam kandungan. Tapi, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter tentang olahraga yang boleh Anda lakukan. Berikut ini beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan ibu hamil:

Jalan Kaki

Jalan kaki merupakan olahraga terbaik untuk ibu hamil. Olahraga ini bisa melancarkan peredaran darah dan menjaga ibu hamil tetap bugar.

Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists ibu hamil bisa melakukan olah raga jalan kaki selama 30 menit per hari. Selama melakukan olahraga jalan kaki usahakan ibu tetap terdehidrasi. Hindari jalan menanjak dan hentikan olahraga bila ibu mengalami sesak naps, perdarahan, pusing, kram, atau kontraksi.

Berenang

Menurut ahli kesehatan, berenang merupakan salah satu olahraga terbaik bagi ibu hamil. Berenang mampu melatih otot-otot besar (kaki dan tangan), menurunkan berat badan ibu hamil yang mengalami obesitas, memperbaiki kinerja jantung, dan menghindarkan ibu hamil dari dehidrasi. Meski begitu, tiap 15 menit sekali ibu hamil disarankan minum satu gelas air selama berenang dan setelah selesai. Dalam sehari olahraga berenang bisa dilakukan selama 30 menit. Gaya dada dan gaya punggung menjadi pilihan yang cocok dilakukan ibu hamil.

Senam Hamil

Sebaiknya lakukan senam hamil di bawah pengawasan ahlinya. Panduan yang tepat dari ahli bisa membantu melenturkan dan menguatkan otot-otot yang diperlukan saat persalinan nanti sehingga bisa mempermudah proses melahirkan.

Baca Juga:  Cara Menjaga Kesehatan Saat Trimester Pertama

Yoga

Seperti melakukan senam hamil, sebaiknya yoga dilakukan dibawah pengawasan ahlinya. Melakukan yoga saat hamil bisa melatih pernapasan dan relaksasi yang diprlukan menjelang persalinan nanti. Selama proses persalinan dibutuhkan teknik-teknik pernapasan yang baik. Relaksasi yang dihasilkan dari latihan yoga dapat membuat ibu hamil menjalani hari-harinya dengan tenang, juga mampu mengurangi rasa takut akan proses persalinan.

Latihan beban

Latihan beban saat hamil bermanfaat untuk mengurangi cidera pada ibu hamil serta menguatkan otot-otot disekeliling sendi. Selain itu, latihan beban juga bisa membantu menjaga stamina tubuh yang sangat diperlukan selama kehamilan dan persalinan. Lakukan latihan angkat beban yang sederhana dan bisa dilakukan dirumah. Gunakan beban maksimal setengah dari berat beban normal. Sediakan air minum selama latihan berlangsung.

Peregangan

Latihan peregangan bisa membantu fleksibilitas tubuh ibu hamil. Hal ini bertujuan untuk membantu mengurangi rasa sakit saat proses persalinan serta membantu ibu menjadi lebih rileks.