Olahraga Yang Cocok Bagi Mereka Yang Bernafas Pendek

DokterSehat.Com – Tahukah anda, ada sebagian orang yang kurang beruntung dan mengalami kondisi nafas yang cenderung pendek. Biasanya mereka yang bernafas pendek adalah yang memiliki gangguan pernafasan yang cukup kronis. Yang menjadi masalah adalah jika mereka yang memiliki nafas pendek namun tetap ingin berolahraga. Nafas yang pendek tentu akan bisa menjadi lebih parah jika dipakai latihan fisik yang intens. Hal ini tentu saja akan menjadi dilema mengingat tubuh mereka pun bisa menjadi terganggu kesehatannya jika tidak pernah melakukan olahraga. Lantas, adakah olahraga yang sesuai dilakukan bagi mereka yang bernafas pendek?

doktersehat-diet-olahraga-metabolisme-tubuh

Pakar kesehatan menyebutkan jika ternyata ada beberapa olahraga sederhana yang akan cocok untuk dilakukan mereka yang bernafas pendek. Sebagai contoh, olahraga berjalan kaki bisa tentu akan mudah dilakukan mereka dengan nafas yang pendek. Meskipun terlihat sederhana, berjalan kaki selama beberapa waktu, yakni sekitar 15 hingga 30 menit asalkan dilakukan secara rutin ternyata bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan. Jangan terlalu berpikir tentang kecepatan berjalan karena yang diutamakan adalah gerakan semua anggota tubuh saat berjalan.

Selain berjalan kaki, bersepeda ternyata juga menjadi olahraga yang pas bagi mereka yang bernafas pendek. Andai anda tidak ingin bersepeda di luar rumah karena tidak ingin melewati jalur menanjak yang tentu akan menyulitkan pernafasan, anda bisa memakai sepeda statis yang dipakai sambil menonton televisi. Sebagaimana berjalan kaki, anda tidak perlu berpikir terlalu jauh tentang kecepatan atau kekuatan mengayuh sepeda. Cobalah untuk menggerakkan anggota badan selama bersepeda untuk mendapatkan efek kesehatan yang positif.

Andai anda ingin melatih saluran pernafasan anda agar menjadi lebih baik, anda bisa mulai berlatih Tai Chi atau melakukan latihan diafragma. Gerakan Tai Chi memang terkesan lambat dan luwes, namun, anda membutuhkan pengaturan pernafasan yang tepat dengan tenaga yang sesuai sehingga anda pun akan secara langsung melatih saluran pernafasan anda menjadi lebih kuat. Selain itu, cobalah untuk melakukan latihan diafragma dengan posisi telentang dan menekuk lutut sambil menarik nafas secara perlahan dan melepaskannya kembali. Latihan ini diyakini bisa membuat saluran pernafasan menjadi lebih terlatih dan anda pun akan menjadi lebih sehat.