3 Jenis Olahraga yang Bisa Mengontrol Tekanan Darah

doktersehat-olahraga-ringan
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Mengontrol tekanan darah memang tidak mudah. Sebab, tekanan darah seseorang sangat cepat berubah-ubah sesuai dengan kebiasaan serta pola hidupnya. Tekanan darah sendiri terbilang cukup penting, sebab dengan terkontrolnya tekanan darah, maka seseorang akan terhindar dari berbagai risiko penyakit berbahaya.

Seperti diketahui, ketika seseorang mengalami tekanan darah tinggi, maka akan meningkatkan risiko dantangnya penyakit jantung dan stroke. Begitu pula ketika tekanan darah menjadi rendah, maka akan memicu datangnya lemas, mual, pusing, dan gangguan hormonal. Maka dari itu, diperlukan sebuah tindakan yang bisa mengontrol tekanan darah agar terhindar dari berbagai penyakit tersebut.

Cara menjaga atau mengontrol tekanan darah yang paling mudah adalah dengan berolahraga. Namun, Anda harus pandai-pandai memilih olahraga, sebab tidak semua jenis olahraga memiliki manfaat tersebut. Berikut adalah 3 jenis olahraga yang terbilang ampuh dalam mengontrol tekanan darah:

1. Isometrik

Olahraga isometrik adalah serangkaian gerakan yang dilakukan untuk melenturkan serta meregangkan beberapa organ tubuh dengan cara yang mudah dan santai. Karena begitu mudahnya, olahraga isometrik sendiri bisa dilakukan sambil bersantai atau menonton televisi. Contoh gerakan isometrik seperti mengepalkan tangan, menggerakkan jari, menginjak-injak tumit, mengangkat kaki, dan berbagai jenis gerakan mudah lainnya.

2. Aerobik

Aerobik sangat terkenal sebagai salah satu jenis olahraga yang bisa melancarkan peredaraan darah ke seluruh tubuh. Dengan rutin melakukan aerobik, diyakini dapat mengontrol tekanan darah seseorang menjadi lebih stabil. Namun, lakukanlah olahraga aerobik sesuai kapasitas dan kekuatan Anda. Sebab, jika terlalu berlebihan justru menyebabkan tekanan darah menurun.

3. Bersepeda

Bersepeda memang sebuah olahraga yang sangat menyenangkan. Sebab, selain membantu dalam kebugaran, bersepeda pun bisa memberikan mood positif pada pikiran seseorang. Bersepeda sendiri terbilang sebagai olahraga yang cukup mudah dilakukan dan tidak membutuhkan banyak energi. Maka dari itu, olahraga ini aman dilakukan oleh anak kecil hingga orang tua.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik