Olahraga Terbaik Untuk Pasien Yang Baru Sembuh Dari Kanker Payudara

DokterSehat.Com – Setiap kaum wanita sangat berpotensi terserang penyakit kanker payudara karena jaringan menyusui pada wanita memang menjadi salah satu tempat yang paling sering diserang oleh sel kanker. Kanker payudara itu sendiri dapat muncul bahkan tanpa bisa diduga sehingga penting bagi kaum wanita untuk mewaspadainya dan menjaga kesehatan tubuh mereka terutama pada bagian payudara.



Deteksi awal serta diagnosa sejak dini penyakit kanker payudara dapat mempermudah proses pengobatan sebelum akhirnya penyakit kanker payudara menyebar dan mengancam kaum wanita. Pada proses penyembuhan atau setelah pengobatan, ada beberapa olahraga yang bisa diterapkan oleh mereka yang baru saja sembuh dari penyakit kanker payudara.

Berdasarkan penelitian, ada dua olahraga terbaik yang efektif dan cocok dilakukan demi mengembalikan kebugaran tubuh pasien setelah melakukan pengobatan kanker payudara. Olahraga yang penting untuk melatih tubuh tersebut diantaranya adalah jalan kaki dan yoga.

  • Jalan kaki
    Jalan kaki adalah jenis olahraga yang sangat efektif mengembalikan kebugaran tubuh dan merupakan olahraga yang mudah dilakukan kapan saja. Olahraga ini juga sangat bermanfaat bagi orang yang bertahan hidup setelah menghadapi penyakit kanker payudara.

    Para dokter atau ahli kesehatan biasanya akan menyarankan seseorang untuk melakukan jalan kaki secara teratur selama dan setelah pengobatan kanker payudara. Hal itu karena dengan jalan kaki Anda bisa melatih otot jantung, pernapasan dan juga membuat aliran darah menjadi lebih baik. Jalan kaki paling baik dilakukan pada pagi hari ketika udara masih bersih dan sinar matahari masih sehat.

  • Yoga
    Yoga merupakan salah satu jenis olahraga relaksasi yang bisa juga melepaskan stres yang dibutuhkan oleh pasien yang baru saja menjalani pengobatan kanker payudara. Gerakan olahraga yoga yang halus merupakan cara terbaik untuk membiasakan kembali otot-otot yang sudah lama tidak bergerak selama pengobatan kanker payudara berlangsung. Olahraga tersebut juga tidak akan membuat pasien merasa kelelahan.

    Dalam latihan yoga, Anda juga bisa melakukan latihan pernapasan yang baik bagi tubuh untuk memberikan asupan oksigen ke seluruh tubuh, membuat aliran darah semakin baik dan membantu tubuh membuang zat sisa yang tidak dibutuhkan. Selain itu olahraga tersebut juga akan memberikan efek positif menenangkan pikiran.