Olahraga Tanpa Memakai Pakaian Dalam, Mengapa Tidak?

DokterSehat.Com– Saat melakukan olahraga, kita seringkali merasa terganggu dengan adanya pakaian dalam yang membuat kita merasa tidak nyaman dan tidak leluasa saat bergerak. Sebagai contoh, celana dalam kita mengganggu pergerakan lari atau kita merasa repot untuk mengembalikan tali bra yang terkadang turun dengan sendirinya. Demi menghindari hal ini, apakah sebaiknya kita tidak memakai pakaian dalam saja?

doktersehat-olahraga-senam

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa berolahraga tanpa memakai pakaian dalam tidak apa-apa untuk dilakukan jika memang tujuannya demi membuat pergerakan menjadi lebih nyaman. Hanya saja, kita sebaiknya harus memiliki pakaian olahraga yang terbuat dari bahan yang aman dan nyaman untuk digunakan. Pakar kesehatan Marina Maslovaric, M.D yang berasal dari HM Medical Orange County di California, Amerika Serikat, menyarankan kita untuk memakai celana olahraga atau legging yang berjenis sweat-wicking. Pilihlah celana yang terbuat dari bahan kapas, bukan yang berbahan sintetis karena bisa memicu iritasi saat kita berolahraga.

Jika saat berolahraga pakaian kita basah karena banyaknya keringat yang keluar, ada baiknya kita segera menggantinya. Bagi kaum hawa, pakaian atau celana yang basah dan tidak segera diganti bisa memicu infeksi vagina yang berbahaya.

Jika kita memilih untuk berolahraga tanpa memakai pakaian dalam, maka organ vital kaum hawa tentu akan secara langsung bersentuhan dengan celana. hal ini berarti, bakteri bisa saja berkumpul dengan lebih cepat, apalagi jika ditambahkan dengan banyaknya keringat yang keluar. Melihat adanya fakta ini, ada baiknya celana legging dan pakaian olahraga yang dikenakan segera dicuci setelah digunakan demi mencegah datangnya masalah kesehatan.

Meskipun memang cukup nyaman untuk dilakukan, berolahraga tanpa menggunakan pakaian dalam bisa jadi akan membuat risih beberapa orang karena beberapa bagian tubuhnya akan terbentuk jelas pada pakaian tersebut. Rasa risih ini tentu akan membuat kita tidak bergerak dengan maksimal saat berolahraga. Jika anda merasakan hal tersebut, ada baiknya anda mempertimbangkan untuk menggunakan pakaian dalam yang dikhususkan untuk berolahraga saja demi membantu kenyamanan saat berolahraga.