7 Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan Setelah Salat Tarawih

doktersehat olahraga setelah tarawih

DokterSehat.Com – Semua orang ingin menurunkan berat badan selama puasa Ramadan. Namun, karena nafsu makan yang tinggi dan sering lepas kontrol saat berbuka puasa, lemak di dalam tubuh jadi naik. Meski seharian menahan lapar dan haus, tubuh tetap tidak ada tanda-tanda penurunan berat badan sehingga saat lebaran tidak bisa pakai baju ukuran lebih kecil.

Kebiasaan buruk yang dilakukan saat puasa itu berlanjut saat kita tidak melakukan olahraga. Akibat terlalu malas melakukan olahraga ringan setiap hari, tubuh jadi mengalami penurunan metabolisme. Kondisi ini berdampak pada pembakaran kalori di dalam tubuh yang tidak maksimal.

Kalau Anda ingin menurunkan berat badan atau minimal menjaga tubuh agar tetap ideal, lakukan olahraga. Kalau saat pagi atau sore sebelum berbuka puasa Anda khawatir tidak mampu melakukannya, coba setelah tarawih saja. Berikut tujuh jenis olahraga yang bisa Anda lakukan setelah salat tarawih.

1. Jogging

Salah satu olahraga yang mudah sekali dilakukan setelah salat Tarawih adalah jogging. Anda bisa jogging di sekitar rumah atau mengelilingi halaman. Kalau di rumah ada treadmill Anda akan lebih terbantu sehingga tidak perlu keluar rumah atau pergi ke gym terdekat dari rumah. Kalau Anda tidak kuat jogging bisa jalan agak cepat agar mudah berkeringat.

2. Body lifting

Kalau keluar rumah membuat Anda malas untuk berolahraga, lakukan di halaman rumah atau di teras. Coba lakukan body lifting atau olahraga dengan hanya menggunakan tubuh sebagai alanya. Anda bisa melakukan serangkaian push-up, sit-up, chin-up, jumping jack, dan variasi-variasi gerakan lainnya.

3. Angkat beban

Setelah buka puasa, energi sudah memenuhi tubuh sehingga Anda bisa dengan mudah melakukan olahraga yang cukup berat. Kalau Anda sedang ada program pembentukan otot, tetap lakukan angkat beban di gym. Anda bisa melakukannya dengan porsi yang sama atau intensitasnya sedikit diturunkan kalau Anda khawatir tidak kuat melakukannya.

4. Bersepeda

Anda bisa bersepeda santai selama 15-30 menit sehabis Tarawih. Lakukan kegiatan ini di luar rumah seperti mengelilingi kompleks rumah atau lapangan yang memiliki penerangan. Kalau Anda tidak memiliki sepeda coba lakukan di gym dengan memacu sepeda statis yang disediakan.

5. Yoga

Yoga adalah salah satu olahraga yang sangat direkomendasikan saat puasa. Anda bisa melakukan yoga setelah  Tarawih di dalam rumah atau di halaman. Gerakan yang tidak membutuhkan banyak tempat ini membuat Anda tidak memiliki alasan malas keluar rumah. Di dalam kamar pun Anda tetap bisa melakukannya dengan baik dan intens.

6. Skipping

Semua orang memiliki target tubuh ideal yang berbeda-beda. Kalau Anda ingin menurunkan berat badan saat puasa, coba lakukan setelah salat Tarawih. Lakukan skipping dengan kecepatan tertentu dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Anda bisa melakukan variasi skipping ini dengan olahraga jenis body weight seperti jumping jack.

7. Olahraga lapangan

Anda yang suka sekali dengan olahraga lapangan seperti futsal atau badminton bisa melakukan aktivitas ini setelah Tarawih selesai. Lakukan olahraga jenis ini 2-3 kali seminggu agar memberikan efek yang cukup besar pada tubuh.

Oh ya, karena olahraga lapangan membutuhkan cukup banyak tenaga, Anda tidak disarankan untuk melakukannya setiap hari. Di hari lain bisa Anda gunakan untuk istirahat atau melakukan olahraga-olahraga ringan seperti jalan cepat atau yoga.

Nah, dari tujuh olahraga yang dilakukan setelah salat Tarawih di atas mana kira-kira yang sudah Anda lakukan dengan rutin setiap harinya?

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik