Olahraga Sesuai Tipe Tubuh

Bentuk tubuh yang ideal bisa Anda dapatkan dengan menerapkan pola makan sehat dan rajin berolahraga. Namun, tidak semua olahraga cocok bagi semua orang karena manusia memiliki bermacam-macam bentuk tubuh, mulai dari yang kurus sampai yang gendut.  Berikut ini beberapa olahraga yang disesuaikan dengan bentuk tubuh agar memperoleh hasil yang maksimal.



1. Tipe Kurus

Seseorang yang bertubuh kurus sulit untuk mendapatkan massa otot. Oleh karena itu, orang bertubuh kurus disarankan untuk memilih olahraga yang dapat mengencangkan otot-otot inti atau core muscles yakni dengan latihan beban selama 45 menit tiap latihan. Selian itu, disarankan pula untuk melakukan olahraga kelenturan seperti Pilates, Yoga, Tai Chi, dan QiGong yang aman dari risiko cidera.

2. Tipe Ramping

Bentuk tubuh seperti ini lebih mudah membentuk tubuhnya dengan olahraga. Olahraga yang tepat untuk tubuh ramping adalah circuit training. Latihan ini mampu meningkatkan denyut jantung dan memacu metabolisme serta pembakaran lemak saat sedang beristirahat. Selain itu, lakukan latihan beban dalam intensitas sedang dengan 12-15 repetisi sebanyak 2-4 set.

3. Tipe Gemuk

Seseorang yang bertubuh gemuk cenderung mudah kembali gemuk karena massa ototnya tidak bertahan lama dan sulit dibentuk. Pilihan olahraga yang tepat bagi orang bertubuh gemuk adalah jenis olahraga yang dapat membakar lemak kemudian lanjutkan dengan jenis olahraga untuk pembentukan otot. Orang bertubuh gemuk disarankan untuk melakukan latihan kardiovaskular seperti bersepeda, joging, dan renang.

4. Tipe Atletis

Pemilik tubuh atletis disarankan untuk fokus mengatur beban angkatan supaya otot tidak terlalu kekar atau proporsional. Lakukan latihan beban dengan repetisi 8-12 kali sebanyak 2-3 set. Gunakan jeda antara set selama 45 menit. Lakukan latihan ini 2-3 kali setiap minggu secara teratur.

Baca Juga:  Depresi Pospartum

5. Tipe Pear

Tubuh berbentuk pear atau segitiga cocok bila melakukan olahraga seperti bersepeda, jogging, dan jalan-jalan. Olahraga yang low-impact bagus untuk orang bertubuh pear karena tekanannya rendah di tungkai, engkel, dan kaki.

6. Tipe Pear Terbalik

Pilihan olahraga yang baik untuk tipe pear terbalik adalah jenis olahraga yang menambah massa otot di bagian kaki supaya seimbang dengan postur tubuh bagian atas yang lebih besar. Pemilik postur tubuh pear terbalik bisa mencoba alat-alat fitnes seperti elliptical, stair climbing, dan cross trainer yang biasa terdapat di pusat kebugaran.

Dari berbagai sumber