Olahraga Sehat Saat Berpuasa

Doktersehat.com – Berolahraga saat berpuasa? Mungkin terdengar melelahkan. Namun, tetap melakukan kegiatan olah tubuh ternyata memberikan berbagai manfaat baik. Berolahraga dapat mengubah cadangan energi atau lemak dalam tubuh menjadi glukosa. Yang akan mengusir rasa lesu, malas, dan mengantuk.



Kondisi badan yang lemah karena tidak makan dan minum selama kurang lebih 14 jam merupakan salah satu alasan kebanyakan orang untuk meninggalkan olahraga, terlebih bagi mereka yang ingin memangkas berat badan.

Pasalnya, banyak orang menganggap bahwa berat badan selama puasa pasti akan berkurang akibat tidak mengonsumsi apapun di siang hari. Namun, jika ditelaah kembali, sebenarnya risiko untuk menaikkan berat badan justru semakin besar.

Berolahraga dapat membakar lemak-lemak yang menumpuk di dalam tubuh. Tidak hanya itu, berolahraga selama bulan Ramadan juga akan mempercepat proses pembentukan tubuh. Khan menyarankan mereka yang ingin membentuk tubuhnya untuk mengonsumsi minuman berprotein tinggi setelah berolahraga.

Saat berbuka puasa biasanya nafsu makan menjadi semakin tidak terkontrol, sehingga pilihan makanan dengan kalori tinggi dengan mudah akan terjun bebas masuk ke dalam tubuh. Oleh karenanya, penting untuk tetap menjaga pola makan sehat selama bulan puasa. Pastikan juga olahraga tetap menjadi bagian aktivitas yang tidak terlewatkan.

Selama berpuasa, akan terjadi penurunan metabolisme tubuh secara alami. Hal tersebut dikarenakan terbatasnya asupan energi dan juga nutrisi yang didapat dari makanan. Untuk mengatasinya, pilihlah jenis latihan yang memiliki intensitas ringan hingga sedang. Olahraga dengan intensitas yang tidak terlalu memberatkan akan tetap menjaga kebugaran tubuh selama berpuasa. Anda bisa memilih jenis olahraga seperti yoga, berjalan kaki, jalan cepat, jogging, bersepeda, atau melakukan beragam peregangan tubuh.

Tidak hanya sekedar memilih jenis olahraga yang sesuai. Olahraga selama berpuasa juga sebaiknya dipilih waktu yang ideal. Olahraga sesaat sebelum berbuka puasa bisa menjadi pilihan. Pasalnya Anda dapat langsung mengembalikan energi dan cairan yang hilang selama berolahraga dengan makan dan minum saat berbuka.

Baca Juga:  Masalah Kesehatan Pria Dapat Dilihat dari Keringatnya

Pilihan lainnya, Anda bisa berolahraga sekitar 2 sampai 3 jam setelah berbuka. Latihan setelah berbuka puasa akan memberikan kesempatan tubuh untuk mengonsumsi makanan sehat terlebih dahulu agar latihan yang dilakukan dapat maksimal.

Sumber : metrotvnews.com & kesehatan.liputan6.com