Olahraga Saat Menstruasi Ternyata Sangat Direkomendasikan

DokterSehat.Com – Fase menstruasi bisa membuat wanita menjadi sangat lemas dan terasa sulit untuk melakukan berbagai aktivitas secara normal. Ada sebagian wanita yang bahkan harus beristirahat seharian pada fase awal menstruasi. Namun, tahukah anda jika pakar kesehatan justru sangat menganjurkan olahraga bagi para wanita yang sedang melakukan menstruasi? Memang, olahraga yang harus dilakukan tentu saja tidak boleh berlebihan karena kondisi fisik wanita saat menstruasi biasanya memang tidak benar-beanr fit. Apa saja manfaat dari olahraga bagi wanita pada saat haid?

doktersehat-menstruasi-darah-datang-bulan-pantyliner-softex-pembalut-berenang

Penelitian yang dilakukan oleh Umea University, Swedia sebenarnya sedang mencari jadwal olahraga terbaik bagi wanita saat terkena menstruasi sehingga kondisi badannya tetap baik-baik saja dan siklus menstruasi tidak terganggu. Namun, pada akhirnya, mereka justru menemukan adanya manfaat yang bisa diambil dari wanita yang melakukan latihan fisik di saat fase menstruasi. Penelitian ini sendiri melibatkan 59 wanita dalam waktu empat bulan dan mereka pun diukur hasil olahraganya dengan cara mengecek kondisi massa otot, tenaga, hingga kekuatannya. Semua wanita diminta untuk melakukan latihan fisik untuk tubuh bagian bawah setidaknya lima hari dalam seminggu, baik itu dua minggu di fase menstruasi ataupun yang tidak.

Hasil penelitian ini menyebutkan jika wanita yang rutin berolahraga selama dua minggu pertama siklus haid akan cenderung mengalami peningkatan kekuatan tubuh, khususnya dalam hal kecepatan dan kekuatan dari otot hamstring, otot yang berada di paha bagian belakang. Mereka juga cenderung menurunkan lemak pada kaki dan meningkatakan massa tubuh dengan signifikan. Sementara itu, wanita yang rutin berolahraga pada dua minggu terakhir siklus haid dimana sindrom PMS kerap menyerang ternyata tidak mengalami peningkatan pada otot hamstring. Yang menarik adalah, tidak ada tanda-tanda kelelahan fisik yang biasanya diakibatkan oleh olahraga secara berlebihan.

Baca Juga:  Perawatan Nyeri Punggung dan Leher

Pakar kesehatan pun menyarankan wanita hamil untuk tetap berolahraga saat menstruasi jika memang secara fisik memungkinkan karena bisa memberikan kebaikan bagi tubuh dan membuat tubuh menjadi lebih bugar. Namun, bagi sebagian wanita yang memang merasa sangat lemas atau sakit karena haid, ada baiknya memang tidak melakukannya agar tubuhnya tidak menjadi semakin lemas atau justru terkena masalah kesehatan karena memaksakan diri berolahraga.