Olahraga yang Aman Dilakukan Ibu Hamil saat Puasa

doktersehat hamil olahraga puasa

DokterSehat.Com– Meskipun bulan puasa, namun kebugaran tubuh tetap perlu dijaga ya Mom. Terutama bagi Anda yang sedang mengandung. Dengan pilihan olahraga yang tepat, Anda dapat tetap menjaga kesehatan tubuh dan janin. Apa saja olahraga yang bisa dilakukan ibu hamil saat puasa?

Jenis olahraga yang aman dilakukan ibu hamil pada bulan puasa

Puasa bukan alasan ibu hamil untuk menghentikan aktivitas olahraga. Beberapa olahraga yang bisa dilakukan ibu hamil saat berpuasa di antaranya:

1. Berenang

Berenang selama 30 menit dalam sehari dapat menjadi pilihan kegiatan yang menyenangkan sambil menunggu datangnya waktu berbuka. Berenang selama 30 menit terbukti dapat membakar 360 kalori bagi ibu hamil. Namun hati-hati kemasukan air saat berenang ya Mom!. Untuk menghindarinya, Anda bisa memilih berenang di malam hari setelah waktu berbuka.

2. Yoga

Yoga juga merupakan olahraga pilihan yang baik bagi ibu hamil, baik pada saat berpuasa maupun tidak. Selain membuat Anda lebih bugar, yoga juga dapat membuat Anda lebih relaks dalam menjalani puasa selama hamil. saat melakukan gerakan yoga, sebaiknya sampaikan pada instruktur mengenai kondisi kehamilan Anda untuk menghindari gerakan yoga yang terlalu berat.

3. Bersepeda

Bersepeda sambil menunggu waktu berbuka juga bisa menjadi pilihan aktivitas berolahraga. Namun perlu diperhatikan bahwa bersepeda tidak selalu aman bagi ibu hamil. Jika Anda yakin Anda dapat bersepeda dengan aman tanpa terjatuh, maka Anda boleh saja melakukan kegiatan ini.

Tetapi apabila usia kehamilan Anda semakin besar, sebaiknya hindari olahraga ini karena perut yang besar dapat menghalangi pergerakan Anda dan menyebabkan Anda mudah terjatuh.

4. Jalan santai

Jika Anda khawatir bersepeda saat hamil, maka Anda bisa mencoba jalan santai di sekeliling rumah Anda. Sering berjalan kaki dapat membantu Anda untuk melancarkan proses persalinan.

Tips berolahraga saat hamil dan puasa

Agar manfaat olahraga dapat dirasakan dengan baik, maka sebaiknya konsultasikan jenis olahraga dan waktu yang baik untuk berolahraga dengan dokter kandungan Anda. Anda dapat berolahraga di saat 2 jam sebelum berbuka puasa atau 2 jam setelah berbuka. Selain itu pastikan Anda memeperbanyak konsumsi air putih setelah berolah raga untuk mengganti cairan tubuh yang hilang.