Olahraga Saat Flu, Bolehkah?

DokterSehat.Com – Saat terkena flu, kebanyakan orang biasanya malas berolahraga. Apalagi ketika badan terasa demam atau tubuh terasa lelah. Olahraga adalah hal terakhir yang ada dalam pikiran. Namun sebenarnya melakukan olahraga ringan justru bisa membuat Anda merasa lebih baik.

4813563284_7d88cda41f_b

Menurut penelitian dari University of Maryland Medical Centre, yang dilansir dari livestong.com, olahraga secara teratur dapat mencegah tubuh dari penyakit, maka tetap dianjurkan meski sedang terkena flu. Asal, intesitas olahraga yang dilakukan tak sama seperti ketika kondisi tubuh Anda sehat.

Bahkan, dengan berolahraga saat flu dapat mengembalikan sistem kekebalan tubuh. Meski begitu, memaksakan diri olahraga di saat badan sedang tak fit dapat memperburuk kondisi, lho.

Artinya, Anda harus mengetahui kondisi tubuh dan jenis olahraga yang aman saat Anda terkena flu. Berikut tips aman berolahraga saat flu :

• Jika flu menyerang bagian leher ke atas, seperti sakit tenggorokan, ingusan, mata berair, dan bersin, maka tidak masalah untuk tetap berolahraga.

• Jika flu menyerang bagian leher ke bawah (dada), ada baiknya Anda memilih untuk istirahat. Pasalnya, flu di bagian ini dapat menimbulkan demam dan hanya akan memperburuk kondisi tubuh Anda.

• Hindari olahraga yang banyak mengeluarkan keringat. Karena di kala Anda flu, sebenarnya tubuh membutuhkan cairan. Jangan sampai Anda mengalami dehidrasi.

• Untuk mengetahui kemampuan tubuh, cobalah melakukan olahraga selama 10 menit. Jika dalam 10 menit tersebut Anda baik-baik saja, silakan lanjutkan. Sebaliknya, jika Anda merasakan tubuh semakin lemah, nafas tidak teratur dan pusing, sebaiknya olahraga dihentikan.

• Saat terkena flu, Anda dianjurkan untuk melakukan olahraga di sekitar rumah tidak perlu ke pusat olahraga, seperti tempat gym atau aerobik. Hal ini untuk menghindari penularan flu kepada orang lain melalui fasilitas-fasilitas gym.