Olahraga Saat Berpuasa Sebaiknya Dilakukan di Sore Hari

DokterSehat.Com – Saat kita melakukan olahraga, kita akan cenderung lebih mudah haus dari biasanya. Hal ini dikarenakan olahraga mampu membuat tubuh kehilangan cairan tubuh dengan jumlah yang cukup signifikan. Padahal, kita sekarang berada di bulan puasa dimana banyak orang yang tidak makan atau bahkan minum seharian penuh. Jika kita memaksakan diri untuk berolahrga, dikhawatirkan kita tentu akan mudah merasa haus, bukan? Tak perlu khawatir, pakar kesehatan ternyata masih menganjurkan olahraga meskipun kita masih berpuasa. Hanya saja, olahraga ini sebaiknya dilakukan di sore hari saja.

doktersehat-lari-jogging

Pakar kesehatan gizi bernama dr. Saptawati Bardosono berkata jika ada baiknya kita tetap rutin melakukan aktifitas fisik apda bulan puasa. Hanya saja, demi kenyamanan dan kesehatan tubuh, lakukanlah olahraga di sore hari, apalagi pada waktu yang berdekatan dengan waktu berbuka puasa. Beliau bahkan menganjurkan 30 menit hingga 60 menit waktu menjelang berbuka sebagai waktu paling ideal untuk berolahraga di bulan puasa.

Bagaimana hal ini bisa terjadi? Dr. Saptawati mengungkapkan jika kita mungkin akan merasa lelah atau banyak kehilangan cairan tubuh saat berolahraga di bulan puasa. Namun, segera setelah waktu berbuka tiba, segala dahaga pun akan hilang, apalagi jika kita juga mengkonsumsi makanan manis layaknya kurma. Tubuh pun akan serasa bugar kembali.

Beberapa orang diketahui berolahraga di bulan puasa, namun di pagi buta. Alasannya, mereka tidak ingin terkena panas terik matahari. Padahal, cairan tubuh yang akan hilang karena berolahraga tidak akan terganti karena harus menunggu lama hingga waktu berbuka baru bisa tergantikan. Kita pun beresiko menjadi lemas atau bahkan jatuh pingsan. Beberapa olahraga yang dianggap tepat bagi kita untuk dilakukan di bulan puasa juga sebaiknya bukan olahraga dengan intensitas tinggi. Berjalan kaki, bersepeda, atau bahkan berenang sangatlah direkomendasikan untuk dilakukan.