Olahraga Ringan Bisa Mencegah Penyakit Batu Ginjal

DokterSehat.Com – Olahraga adalah salah satu aktifitas yang bisa kita lakukan untuk menerapkan gaya hidup sehat. dengan berolahraga, kita bisa membuat berbagai sistem di dalam tubuh bekerja dengan lebih baik. Selain itu, olahraga juga diyakini bisa membuat kita mencegah munculnya berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah penyakit batu ginjal.

doktersehat-olahraga-exercise-sehat

Batu ginjal adalah salah satu jenis penyakit yang bisa membuat penderitanya sangat tersiksa, apalagi saat melakukan buang air kecil. Adanya endapan berbagai zat yang mengeras di saluran kemih bisa memberikan rasa sakit luar biasa. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika untuk mencegahnya, kita bisa memperbanyak asupan air minum dalam sehari dan juga dengan melakukan olahraga secara rutin, meskipun olahraganya termasuk ringan layaknya jogging atau atau berjalan kaki.

Penelitian yang dilakukan oleh Matthew Sorensen dari University of Washington School of Medicine mengungkapkan fakta dimana olahraga ringan yang dilakukan secara rutin ternyata terbukti mampu menurunkan resiko penyakit batu ginjal hingga 31 persen. Tak perlu dilakukan dengan berat atau dalam frekuensi yang tinggi, jogging bisa dilakukan setidaknya satu jam setiap minggunya dan berjalan kaki juga bisa dilakukan setidaknya 3 jam per minggu saja. Penelitian ini sendiri melibatkan 84.000 wanita yang sudah memasuki fase menopause dan banyak melakukan aktifitas fisik dalam skala yang ringan.

Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika penyakit batu ginjal ternyata bisa memicu masalah kesehatan yang jauh lebih besar jika dibiarkan begitu saja. Tercatat, jika seseorang yang memiliki batu ginjal dan masih melakukan gaya hidup kurang sehat berupa mengkonsumsi kalori sekitar 2.200 kalori, maka Ia pun akan beresiko meningkatkan resiko penyakit berbahaya layaknya obesitas, diabetes, hingga penyakit jantung. Dengan adanya fakta-fakta ini, maka ada baiknya kita pun mulai melakukan aktifitas fisik meskipun cukup ringan untuk mencegah resiko terkena penyakit batu ginjal.