Olahraga-Olahraga ini Sangat Baik Dilakukan Pada Mereka yang Berusia 40 Tahunan

DokterSehat.Com – Usia 40 tahunan adalah masa dimana manusia sudah dianggap sebagai orang yang dewasa. Pada usia ini, kebanyakan dari kita akan disibukkan oleh berbagai aktifitas harian layaknya bekerja, mengurus rumah tangga, hingga membesarkan anak. Karena alasan inilah banyak orang yang justru melewatkan waktu untuk berolahraga. Padahal, seiring dengan bertambahnya usia, kita semakin membutuhkan olahraga untuk menjaga kesehatan tubuh. Pakar kesehatan menyebutkan jika olahraga bisa membuat kita mencegah masalah pengeroposan tulang, menjaga kesehatan otak, hingga menurunkan resiko terkena penyakit berbahaya. Lantas, adakah olahraga yang sekiranya cocok untuk dilakukan mereka yang sudah berusia 40 tahunan?

doktersehat-renang

Pakar kesehatan menyebutkan jika bersepeda menjadi pilihan pertama bagi mereka yang berusia 40 tahunan. Olahraga ini bisa dilakukan di mana saja dan memberikan unsur fun saat dilakukan. Dengan rutin bersepeda, kita bisa menjaga kesehatan jantung dengan lebih baik.

Selain bersepeda, pakar kesehatan juga sangat menyarankan olahraga lain yang memberikan unsur fun dan juga segar karena bisa dilakukan di luar ruangan. Berenang dianggap sebagai pilihan lain yang sangat menarik untuk dilakukan mereka yang sudah berusia 40 tahunan. Bagaimana tidak, bermain air di kolam sangatlah mengasyikkan dan bisa membuat kita terlena untuk melakukannya dalam waktu yang lama. Saat berenang, seluruh tubuh kita akan menjadi lebih aktif sehingga kalori yang dibakar juga semakin banyak. Selain berenang, cobalah juga untuk mendayung perahu. Pakar kesehatan dari Kings College London menyebutkan jika kita yang berusia 40 tahunan rutin mendayung, kaki dan pikiran kita akan terjaga kesehatannya.

Yoga dan pilates kerap kali dianggap sebagai olahraga bagi wanita saja. Padahal, siapapun yang berusia 40 tahunan sangat direkomendasikan melakukan olahraga ini. Bagaimana tidak, selain membuat tulang kita menjadi lebih sehat, yoga dan pilates juga bisa menurunkan kadar stress dengan signifikan dan membuat energi kita menjadi lebih baik.