Olahraga Malam Bisa Berefek Positif Bagi Program Diet

DokterSehat.Com – Kehidupan modern yang sangat sibuk kini telah banyak membuat banyak orang kesulitan mendapatkan waktu luang untuk berolahraga. Bagaimana tidak, pagi hari kita akan sudah disibukkan dengan persiapan dan perjalanan menuju tempat kerja atau sekolah dimana banyak orang yang bahkan tidak sempat untuk sarapan. Karena kesulitan mendapatkan waktu olahraga di pagi hari, banyak orang pun pada akhirnya mengalihkan waktu olahraganya di malam hari baik itu dengan memakai fasilitas di pusat kebugaran, melakukan olahraga permainan layaknya futsal atau basket, hingga berlari di malam hari. Tahukah anda, meskipun tidak dibantu dengan sinar matahari, olahraga di malam hari ternyata bisa berimbas positif pada program diet.

doktersehat-olahraga-gym-sehat

Pakar kesehatan melalui jurnal Medicine and Scinence in Sports & Exercise menunjukkan fakta bahwa olahraga malam bisa membuat kita menahan rasa lapar di malam hari dengan jauh lebih sefektif. Pada penelitian ini, terdapat dua kelompok partisipan dimana pada kelompok pertama terdiri dari wanita yang berusaha untuk membatasi beberapa jenis asupan makanan untuk mengurangi kalori dalam tubuh. Sementara itu, kelompok wanita lainnya memilih untuk melakukan latihan di malam hari untuk mendapatkan hal yang sama.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan jika wanita yang mengurangi beberapa jenis asupan makanan ternyata akan memproduksi hormon lapar atau ghrelin yang lebih tinggi. Karena alasan ini, kelompok wanita yang membatasi asupan makanan justru akan semakin banyak mengkonsumsi makanan, yakni hingga 944 kalori per hari. Sangat kontras dengan wanita yang memilih untuk melakukan olahraga malam dimana asupan kalori per harinya hanya sekitar 660 kalori saja.

Pakar kesehatan Jackie Buell PhD, Rd, menunjukkan fakta dimana rasa lapara akan cenderung hilang jika kita melakukan olahraga karena saat berolahraga, adrenalin kita akan terpacu untuk meningkat sehingga rasa ingin makan pun akan cenderung lebih mudah hilang. Dengan adanya fakta ini, maka olrahaga malam pun bisa menjadi salah satu faktor yang akan sangat mendukung bagi mereka yang ingin melakukan program diet penurunan berat badan.