Olahraga Kaki Bisa Menjaga Kesehatan Otak Lansia

DokterSehat.Com – Demi menjaga kesehatan tubuh, kita tentu sebaiknya melakukan olahraga dengan rutin. Dengan melakukan olahraga, berbagai sistem yang bekerja di dalam tubuh pun akan menjadi lebih lancar sehingga tubuh pun akan menjadi lebih sehat, lebih fit, hingga memiliki berat badan yang cenderung ideal. Setiap olahraga bisa memberikan dampak kesehatan yang tubuh dengan berbeda-beda. Sebagai contoh, olahraga yoga yang dikenal luas melatih kekuatan dan kefleksibilitasan tubuh ternyata juga bisa berperan besar dalam kesehatan psikologis seseorang. Namun, sebuah penelitian terbaru menunjukkan fakta yang cukup mengejutkan dimana olahraga yang berhubungan dengan kaki ternyata memiliki peran besar dalam kesehatan otak. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

shutterstock_245827459 copy

Penelitian yang dilakukan oleh King’s College London ini menunjukkan fakta jika olahraga yang mampu membuat otot kaki terlatih ternyata bisa membuat kesehatan otak kita tetap dalam kondisi yang prima saat kita beranjak tua nanti. Pada penelitian yang melibatkan 234 wanita dengan umur rata-rata 55 tahun ini, ternyata dilakukan hingga 10 tahun dengan mempelajari korelasi antara kekuatan otot kaki dengan kemampuan fungsi otak para partisipan.

Dari penelitian ini, ditemukan fakta dimana kemampuan otot-otot kaki bisa menjadi gambaran akan kemampuan kognitif otak partisipan saat Ia beranjak tua nanti. Hal ini berarti, jika kita semakin baik dalam melatih kesehatan atau kebugaran otot-otot kaki dengan cara rutin melakukan olahraga, maka kita pun akan semakin baik dalam menjaga fungsi kognitif otak.

Memang, para peneliti masih membutuhkan beberapa penelitian yang lebih mendalam mengenai hal ini. Namun, menurut mereka, fakta ini bisa menjadi sebuah alternatif bagi mereka yang ingin memiliki kesehatan otak yang lebih baik di masa tua. Caranya tentu saja adalah dengan melatih otot-otot kaki dengan kuat melalui olahraga layaknya bersepeda, lompat tali, hingga naik turun tangga atau squat.