Olahraga Itu Bukan Hanya Tentang Menurunkan Berat Badan

DokterSehat.Com – Setiap orang memiliki motivasi yang berbeda-beda saat melakukan olahraga. Sebagai contoh, ada orang yang berolahraga untuk bersosialisasi dengan orang lain. Selain itu, ada juga orang yang berolahraga karena memang termotivasi untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan terhindari dari berbagai macam penyakit. Namun, pakar kesehatan menyebutkan jika sebagian orang ternyata memilih untuk berolahraga karena ingin menurunkan berat badan dan mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Yang menjadi pertanyaan adalah, apakah memang benar olahraga memang hanya diminati karena kemampuannya menurunkan berat badan.

shutterstock_113849278 copy

Dalam realitanya, olahraga memang bisa membuat kita membakar banyak kalori sehingga tumpukan lemak yang ada pada tubuh bisa menghilang dan berat badan kita pun menjadi ideal. Namun, olahraga juga bisa memberikan dampak lebih besar bagi tubuh kita, Menurut New York Times, rutin berolahraga ternyata berimbas pada kesehatan otak yang jauh lebih baik. Dengan berolahraga, kita ternyata bisa membuat pikiran kita menjadi lebih rileks dan pada akhirnya membuat kesehatan saraf menjadi jauh lebih baik. Tercatat, olahraga akan membuat sistem saraf motorik akan lebih peka dan berimbas pada tubuh yang lebih fit. Selain itu, olahraga juga akan membuat kita mampu menekan stress dan depresi dengan efektif. Dengan berolahraga dan mengeluarkan keringat, kita akan lebih banyak memproduksi hormon serotonin yang merupakan hormon bahagia dan membuat pikiran kita menjadi lebih tenang.

Berolahraga ternyata akan membuat daya tahan tubuh kita menjadi jauh lebih baik. Tahukah anda, mereka yang rutin berolahraga akan cenderung lebih jarang sakit jika dibandingkan mereka yang jarang atau bahkan tidak pernah melakukannya. Selain itu, olahraga akan membuat tubuh menjadi jauh lebih segar dan membuat kita tidak mudah merasa lelah meskipun telah melakukan berbagai aktifitas yang sangat padat.