Olahraga Inilah yang Mampu Membakar Kalori Paling Banyak

DokterSehat.Com – Jika kita ingin menurunkan berat badan, maka ada baiknya kita memilih olahraga yang bisa menurunkan kalori dengan jumlah yang cukup banyak. Biasanya, olahraga yang mampu membakar kalori cukup banyak ini memiliki intensitas yang tinggi sehingga membuat kita banyak bergerak dan akhirnya mengeluarkan keringat dalam jumlah yang banyak. Sebenarnya, apa sajakah olahraga yang paling banyak membakar kalori?

doktersehat-lari-hilangkan-stres

Berlari
Berlari adalah salah satu olahraga yang paling direkomendasikan andai kita ingin menurunkan berat badan. Dalam realitanya, berlari memang mampu membakar kalori dalam jumlah yang sangat banyak. Jika kita berlari dalam satu jam saja, maka 1.74 kalori sudah bisa kita bakar. Keunggulan lain dari olahraga ini adalah mudahnya untuk dilakukan tanpa perlu menguasai teknik atau peralatan yang khusus.

Lompat tali
Selain berlari, melakukan lompat tali juga sangat direkomendasikan bagi mereka yang ingin segera menurunkan berat badan. Layaknya berlari, olahraga yang membuat tubuh sangat aktif ini bisa membantu pembakaran 1.074 kalori dalam tubuh jika dilakukan dengan satu jam. Pakar kebugaran Chris Ryan sendiri menyebutkan bahwa andai kita melakukan lompat tali beberapa menit saja, tak perlu harus satu jam, namun secara rutin, maka kesehatan jantung dan paru-paru akan terjaga. Pakar nutrisi Roger Adams juga menyebutkan bahwa dengan melakukan lompat tali yang diselingi dengan olahraga lain layaknya jalan di tempat bisa memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh.

Taekwondo
Seni bela diri asal Negeri Ginseng Korea Selatan ini ternyata mampu membakar 937 kalori jika dilakukan dalam satu jam. Menurut Chris Ryan, Taekwono membutuhkan kecepatan, konsentrasi, ketepatan reaksi, dan juga pengendalian nafas yang baik sehingga bisa membantu pembakaran kalori. Hanya saja, untuk melakukan olahraga ini, ada baiknya kita menguasai dulu tekniknya dengan cara masuk ke klub taekwondo.