Olahraga Ini Paling Cocok Dilakukan Sembari Menunggu Waktu Buka Puasa

DokterSehat.Com – Daripada hanya menonton televisi saat menunggu waktu berbuka puasa, pakar kesehatan menyarankan kita untuk melakukan olahraga. Memang, tubuh akan terasa lemas, lapar, dan haus karena seharian tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman. Namun, dengan berolahraga, kita bisa mendapatkan tubuh yang jauh lebih segar dan bugar. Toh, andai kita merasa haus, kita bisa langsung minum air dan makan saat waktu berbuka tiba.

doktersehat-olahraga-lari-sehat

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk memilih olahraga yang ringan saat menunggu waktu berbuka karena jika kita melakukan olahraga yang berat, dikhawatirkan kondisi tubuh kita memburuk atau bahkan jatuh pingsan. Berikut adalah beberapa jenis olahraga yang bisa kita lakukan sembari menunggu waktu berbuka.

Berjalan kaki
Meskipun sederhana dan sangat mudah dilakukan, berjalan kaki bisa memberikan manfaat kesehatan yang sangat besar bagi tubuh. Berjalan di taman atau lingkungan sekitar rumah kita bersama dengan teman-teman atau keluarga bisa membuat tubuh tetap bugar sekaligus menghilangkan stress. Olahraga ini juga tidak akan menguras energi kita secara berlebihan.

Joging ringan
Lakukan joging dengan intensitas selama 15 atau 20 menit saja sebelum berbuka puasa. Tak harus dilakukan di luar rumah, joging juga bisa dilakukan di atas treadmill untuk membuat tubuh kita tetap bugar.

Bersepeda
Bersepeda termasuk dalam olahraga yang menyenangkan untuk dilakukan. Kita juga tidak akan merasa terlalu lelah saat melakukannya. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk bersepeda selama 30 hingga 45 menit sembari menunggu waktu berbuka. Dengan melakukannya, tubuh akan semakin bugar, sirkulasi darah semakin lancar, sistem kekebalan tubuh meningkat, dan jantung juga semakin sehat.

Berenang
Berenang selama 30 menit ternyata bisa membakar 420 kalori bagi pria dan 360 kalori bagi wanita. Tak hanya membuat badan segar, berenang juga bisa membuat kita membantu menurunkan berat badan. Hanya saja, ada baiknya kita berhati-hati saat melakukan olahraga ini agar air tidak tertelan ke dalam mulut karena hal ini tentu bisa membatalkan puasa.