Olahraga Ini Mampu Meringankan Nyeri Haid

DokterSehat.Com – Meskipun kedatangannya selalu ditunggu-tunggu setiap bulan, tak jarang menstruasi bisa memberikan masalah kesehatan bagi wanita. Banyak wanita yang mengeluhkan munculnya perubahan suasana hati yang sangat drastis, badan yang terasa tidak nyaman, hingga nyeri perut yang luar biasa. Beberapa wanita bahkan mengaku jika gara-gara nyeri haid ini, mereka kesulitan untuk melakukan aktifitas, tubuh terasa lemas, hingga membuat mereka akhirnya memilih untuk mengambil cuti. Padahal, menurut pakar kesehatan, andai kita hanya berdiam diri dan tidak melakukan apapun, maka nyeri haid ini justru akan semakin terasa.

doktesehat-mens-haid-sakit-perut

Untuk meredakan rasa nyeri haid ini, pakar kesehatan menyarankan kita untuk menggunakan kompres air hangat pada perut. Selain itu, ada baiknya kita juga melakukan olahraga-olahraga ringan yang memang mampu meringankan nyeri haid tersebut.

Olahraga pertama yang bisa kita lakukan untuk mengatasi nyeri haid ini adalah dengan melakukan stretching ringan. Dengan melakukan peregangan, maka otot-otot yang sebelumnya terasa sangat kaku pun akan menjadi lebih lemas dan rileks. Selain itu, ada baiknya kita juga bangun pagi-pagi agar bisa berjalan santai selama 30 menit di bawah hangatnya sinar matahari pagi sambil menghirup udara segar dan menikmati hijaunya alam. Dengan melakukannya, maka pikiran pun akan menjadi lebih rileks dan segar sehingga nyeri haid pun akan terasa lebih ringan.

Saat haid, wanita juga sangat disarankan untuk melakukan yoga. Dengan melakukan yoga, maka kita bisa melatih pikiran agar menjadi lebih rileks. Selain itu, kemampuan yoga dalam memperlancar peredaran darah juga diyakini mampu meredakan rasa nyeri haid pada perut.

Meskipun memang nyeri haid akan membuat kita malas untuk bergerak, ada baiknya memang kita memaksakan diri untuk melakukan olahraga ringan tersebut agar rasa nyeri pada perut pun bisa mereda dan kita pun akan kembali bisa melakukan aktifitas dengan nyaman.