Olahraga Ini Cocok Dilakukan di Bulan Puasa

DokterSehat.Com – Meskipun kita tidak makan dan minum dalam waktu yang lama, hal ini tidak bisa menjadi alasan untuk bermalas-malasan dan meninggalkan kebiasaan berolahraga. Memang, berpuasa bisa membuat tubuh menjadi lemas karena tidak adanya asupan nutrisi di siang hari. Namun, dengan tetap aktif bergerak, kita justru membuat tubuh menjadi lebih bugar dan sehat. Sebenarnya, olahraga apa saja yang cocok dilakukan saat bulan puasa?

doktersehat-anak-olahraga-sepeda

Yoga
Pakar kesehatan menyarankan olahraga ini di bulan puasa karena memiliki intensitas yang tidak begitu berat. Dengan melakukan yoga, kita bisa fokus dalam melatih teknik pernafasan. Hal ini akan membuat proses suplai oksigen dan sirkulasi darah ke seluruh tubuh menjadi lebih baik, termasuk pada otak. Tak hanya akan membuat pikiran kita menjadi lebih tenang, yoga juga bisa membuat kita lebih bugar.

Bersepeda
Cobalah untuk mengayuh sepeda dengan santai selama 45 menit di waktu pagi setelah shalat subuh atau menjelang buka puasa. Dengan melakukannya, kita sudah bisa membakar 300 hingga 350 kalori sehingga hal ini tentu akan membantu kita menurunkan berat badan.

Jogging
Tak hanya besepeda, kita juga masih bisa melakukan jogging. Agar tidak merasa haus atau mengalami dehidrasi setelah melakukannya, cobalah untuk melakukan jogging setidaknya 20 hingga 30 menit menjelang berbuka puasa sehingga kita pun bisa segera mendapatkan air minum setelahnya.

Berjalan kaki
Meskipun terlihat sederhana, dalam realitanya semakin banyak orang yang malas berjalan kaki dan memilih untuk menggunakan sepeda motor untuk beraktifitas sehari-hari, khususnya saat berpuasa. Saat sore hari menjelang waktu berbuka, cobalah untuk berjalan kaki di sekitar rumah agar tubuh tetap bugar dan sehat.

Naik turun tangga
Sebelum berbuka puasa, sempatkanlah untuk naik turun tangga di dalam rumah atau di tempat lain selama 10 menit karena hal ini bisa membantu kita membakar 178 kalori.