Olahraga Ini Bisa Menurunkan Resiko Kanker Serviks

DokterSehat.Com– Belakangan ini masyarakat tanah air semakin waspada dengan penyakit kanker serviks. Tak hanya dikenal sebagai penyakit yang mematikan, kanker serviks bisa membuat pengidapnya sangat menderita. Untuk mencegah datangnya kanker serviks ini, pakar kesehatan menyarankan kaum hawa untuk melakukan vaksinasi human papillomavirus (HPV). Tak hanya itu, mereka juga sebaiknya selalu menjaga kehidupan seksualitas yang sehat, menjaga pola makan yang sehat, dan rutin melakukan olahraga.

doktersehat-wanita-kanker-serviks-rahim

Banyak sekali orang yang menganggap remeh manfaat dari olahraga. Padahal, jika dilakukan dengan rutin, ada cukup banyak penyakit yang bisa kita cegah, termasuk kanker serviks. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika rutin melakukan olahraga setidaknya 30 menit saja dalam sepekan, maka kita sudah menurunkan resiko terkena kanker serviks ini jauh lebih rendah. Olahraga yang kita lakukan pun tidak perlu harus yang sulit untuk dilakukan atau yang harus dilakukan di pusat kebugaran. Cukup dengan olahraga sederhana layaknya berjalan kaki, berlari, berepeda, hingga berkebun, maka kita sudah bisa mencegah datangnya penyakit mengerikan ini.

Mengapa olahraga bisa membuat kita mencegah datangnya kanker serviks? Pakar kesehatan menyebutkan jika malas berolahraga bisa membuat kita mengalami kegemukan. Padahal, kegemukan termasuk dalam faktor resiko terkena kanker serviks selain kebiasaan merokok, adanya infeksi virus HPV atau klamidia, dan juga adanya riwayat keluarga yang terkena kanker serviks. Berolahraga secara teratur jelas akan membuat kita membakar kalori lebih banyak dan mencegah masalah berat badan.

Selain melakukan olahraga secara teratur dan melakukan vaksinasi HPV, pakar kesehatan menyarankan wanita yang memiliki riwayat keluarga dengan kanker serviks untuk melakukan deteksi dini kanker ini. Ada cukup banyak deteksi dini dari penyakit ini, baik itu dengan inspeksi visual yang memakai asam asetat, pap smear, hingga tes HPV.