Olahraga Efektif Menurunkan Kolesterol Jahat

DokterSehat.Com – Salah satu kunci hidup sehat adalah melakukan olahraga dengan rutin. Telah banyak penelitian yang dilakukan untuk menunjukkan betapa dahsyat manfaat dari olahraga bagi tubuh. Sebagai contoh, kita bisa memberikan kesehatan pada organ kardiovaskular layaknya jantung maupun pembuluh darah. Secara rinci, olahraga ternyata juga bisa membuat kadar kolesterol jahat dalam darah menjadi semakin minimum sehingga resiko untuk mendapatkan penyakit jantung atau penyakit stroke juga akan semakin menurun.

doktersehat-serangan-jantung-nyeri-dada

Pakar kesehatan jantung dan juga pembuluh darah, dr P. Tedjakusuma, SpJP, menyebutkan jika olahraga adalah solusi paling utama bagi mereka yang ingin menurunkan kolesterol jahat dengan diiringi menerapkan gaya hidup sehat dimana konsumsi makanan yang kaya kalori semakin dikurangi dan memperhatikan makanan sehat dengan kadar gizi seimbang. Bahkan, beliau berkata jika olahraga rutin akan sangat baik bagi mereka yang beresiko memiliki masalah diabetes, kegemukan, hingga riwayat penyakit jantung dalam keluarga.

Pakar kesehatan lainnya, dr Rachmad Wishnu Hidayat, menuturkan fakta dimana dengan rutin melakukan olahraga, seseorang akan membuat kadar kolesterol jahat dan trigliserida di dalam tubuh semakin berkurang hingga 10 persen, sementara itu, kadar kolesterol baik atau HDL justru akan naik hingga 3-6 persen. Dengan melakukan olahraga, kita akan membuat jumlah protein yang mengangkut kolesterol dalam darah menjadi lebih banyak dan kadar lipoprotein yang membesar pun akan memastikan tidak adanya penimbunan plak pada pembuluh darah.

Dr Rachmad bahkan menuturkan jika kita tidak perlu terkecoh dengan adanya saran olahraga yang khusus diperuntukkan untuk menurunkan kadar kolesterol. Baginya, semua olahraga yang bersifat aerobik dan cenderung membuat tubuh aktif layaknya berlari, bersepeda, berenang, atau bahkan senam akan memiliki dampak positif bagi penurunan kadar kolesterol dalam tubuh, apalagi jika dilakukan setidaknya lima kali dalam seminggu.