3 Jenis Olahraga Ringan yang Bisa Memanfaatkan Bantal

doktersehat-jarang-ganti-bantal
Photo credit : pixabay

DokterSehat.Com– Bantal merupakan salah satu alat yang digunakan sebagai penyangga kepala saat sedang tidur. Tak jarang, karena rasa nyaman tersebut, membuat sebagian besar orang merasa enggan untuk bangkit dari tempat tidur dan memilih untuk memeluk bantal kembali. Hal tersebut tentunya membuat rasa ngantuk kembali menyerang sehingga Anda mulai tertidur kembali.

Jika Anda terus bermalas-malasan seperti itu, maka kemungkinan besar berat badan Anda akan mengalami kenaikan. Daripada menggunakan bantal sebagai alat untuk bermalas-malasan di tempat tidur, sebaiknya Anda bisa memanfaatkan bantal tersebut untuk berolahraga. Berikut adalah 3 jenis olahraga yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan bantal, diantaranya:

  • V-Up dan Lift

Memanfaatkan bantal untuk olahraga yang pertama adalah V-Up dan Lift. Dalam latihan ini, bantal bisa dijadikan sebagai beban. Umumnya, latihan angkat beban menggunakan alat seperti barbell dan lain dumbbell,  namun jika Anda tidak mempunyai alat tersebut, Anda bisa menggunakan bantal. Cara melakukan latihan ini adalah ambil posisi duduk dengan kaki ditekuk. Kemudian angkat bantal sambil melakukan gerakan seperti ingin berbaring. Saat bantal ingin diturunkan, ambil posisi seperti ingin duduk tegak namun sambil menekuk lutut ke arah perut. Anda bisa melakukan gerakan tersebut selama 20 detik.

  • Sit-Up dan Heel up

Dalam gerakan sit-up dan heel up, Anda bisa meletakkan bantal di antara paha. Lalu, berbaring di lantai dengan posisi lutut ditekuk. Gerakan selanjutnya adalah mengubah posisi menjadi duduk dengan mengangkat tumit dari lantai. Jangan lupa untuk bertumpu pada pergelangan kaki. Ulangi gerakan ini selama 20 detik.

  • Cushioned reserve Crunch

Masih tetap menggunakan bantal sebagai alat untuk olahraga. Namun, kali ini bantal tidak dijadikan sebagai beban, melainkan sebagai alat penyangga saat berbaring di lantai. Anda bisa meletakkan bantal di bagian bokong, kemudian angkat kaki lurus ke atas seperti melakukan sikap lilin. Setelah kaki terangkat ke atas, angkat juga pinggul Anda dari lantai. Lakukan gerakan tersebut selama 20 detik.