Olahraga, Cara Efektif Mengatasi Depresi

DokterSehat.Com – Pakar kesehatan menyebutkan jika kehidupan modern sangat rentan membuat masyarakat mengalami depresi. Beruntung, kita bisa mengatasi depresi ini dengan cara yang mudah dan bisa kita terapkan sehari-hari, yakni dengan rutin berolahraga. Dalam jurnal National Center for Biotechnology Information (NCBI), diketahui setidaknya ada tiga buah studi yang menunjukkan fakta bahwa berolahraga memang sangat baik untuk menangkal depresi.

doktersehat-olahraga-gym-sehat

Studi yang dilakukan pada sekitar 1,4 juta pria dan wanita di berbagai tempat ini menunjukkan adanya kaitan erat antara latihan fisik dengan pemulihan depresi secara efektif. Pada studi pertama, pakar kesehatan memfokuskan penelitian dalam mengukur kebugaran aerobik pada para peserta olahraga dan mengetahui apakah hal ini bisa berpengaruh pada pencegahan depresi. Hasilnya adalah, mereka yang memiliki tingkat kebugaran rendah akan memiliki resiko 75 persen lebih besar terkena depresi jika dibandingkan dengan mereka yang memiliki tingkat kebugaran yang lebih baik.

Studi berikutnya menunjukkan fakta bahwa andai kita melakukan olahraga dengan intensitas yang cukup tinggi secara rutin, maka kita akan semakin baik dalam mengatasi depresi. Sementara itu, studi terakhir menghasilkan fakta jika orang-orang yang mengalami depresi kemudian melakukan olahraga akan, mereka akan mengalami perbaikan dalam tubuhnya secara signifikan, khususnya dalam hal mengatasi peradangan pada darah, serta perbaikan produksi hormon kesehatan dan juga biokimia pada otak yang membuat mereka lebih baik dalam mengatasi depresi.

Pakar kesehatan Professor Brendon Stubbs, yang berasal dari King’s College, berkata jika para pakar kesehatan masih mencari tahu jenis latihan apa yang sekiranya paling efektif dan paling tepat dalam mengatasi depresi. Namun, untuk masa sekarang, kita setidaknya mengetahui jika olahraga menjadi cara yang cukup baik bagi mereka yang mengalami masalah depresi. Jadi, andai kita sedang mengalami banyak pikiran atau masalah yang memicu mood kita turun, segeralah berolahraga dan kita pasti akan merasa jauh lebih baik.