Olahraga Boxing Ternyata Sangat Efektif Menurunkan Stress

DokterSehat.Com – Jika kita mendengar olahraga boxing atau bertinju, kita tentu akan berpikir tentang sebuah olahraga yang identik dengan kekerasan dan amarah. Namun, boxing ternyata tidak hanya tentang adu pukul bersama dengan orang lain. Kini banyak pusat kebugaran yang memberikan kelas boxing yang ternyata bisa mencakup banyak sekali gerakan yang bisa menyehatkan tubuh layaknya melakukan lompat tali hingga melakukan gerakan pukulan dengan intens. Para pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika olahraga boxing ini ternyata bisa menjadi olahraga yang sangat direkomendasikan untuk menghilangkan stress.

shutterstock_331291736 copy

Pakar olahraga menyebutkan jika olahraga boxing termasuk dalam olahraga yang sangat dinamis sehingga kita harus menempatkan posisi dengan baik demi mencegah munculnya cedera. Instruktur olahraga ini biasanya meminta para pecinta olahraga ini untuk melakukan gerakan dengan benar agar bisa bermanfaat secara maksimal pada tubuh dan mencegah cedera.

Meskipun identik sebagai olahraga yang keras, uniknya pakar olahraga justru menyebutkan jika boxing akan lebih erat dengan olahraga menari. Layaknya tarian, kelas boxing juga memiliki koreografi khusus karena ada gerakan yang memerlukan teknik khusus yang dilakukan dengan hitungan-hitungan yang tepat layaknya jika kita menari. Jika kita salah melakukan gerakan dan hitungan ini, dikhawatirkan postur tubuh bisa terpengaruh dan kita berpotensi terkena cedera.

Jangan bayangkan olahraga ini berkaitan erat dengan saling memukul dengan orang lain. Pada awalnya, kelas boxing kerap kali diawali dengan gerakan lompat tali hingga bertinju dengan partner yang hanya menangkap setiap tinjuan yang dilontarkan ke sarung tangan. Selain itu, ada pula teknik yang diajarkan untuk memukul karung tinju secara berulang-ulang. Gerakan-gerakan ini bisa membuat detak jantung meningkat dan otot-otot pada lengan, bahu, dan punggung bisa semakin terlatih. Selain itu, lontaran-lontaran tinju ini bisa membuat kita melampiaskan berbagai emosi negatif dan rasa kecewa atau jengkel sehingga bisa membuat sensasi lega dan pada akhirnya membuat kita terbebas dari rasa stress.