Olahraga Bisa Menurunkan Resiko Kanker Payudara

DokterSehat.Com – Kanker payudara adalah penyakit yang sangat ditakuti oleh kaum hawa di Indonesia. Bagaimana tidak, kini cukup banyak wanita yang menjadi korban penyakit yang sangat ganas ini. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika kebiasaan masyarakat modern yang kini cenderung kurang sehat dalam menerapkan pola makan dan gaya hidup menjadi penyebab utama munculnya kanker payudara. Kaum wanita pun diminta untuk mencoba untuk memperbaiki gaya hidup, pola makan, dan mulai rajin melakukan olahraga untuk menurunkan resiko terkena penyakit kanker payudara.

doktersehat-menstruasi-payudara-sakit-galaktorea

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh JAMA Onchology menunjukkan fakta yang bisa dilakukan kaum hawa untuk mencegah munculnya kanker payudara. Para partisipan yang dilibatkan dalam penelitian diminta untuk melakukan olahraga dengan total jumlah waktu setidaknya 300 menit atau 5 jam setiap minggunya. Sementara itu, ada beberapa partisipan lain yang hanya melakukan olahraga setidaknya hanya dalam waktu total 150 menit atau dua setengah jam setiap minggunya. Hasilnya adalah, meskipun mereka yang berolahraga lima jam akan tidak memiliki perbedaan penurunan berat badan yang cukup signifikan, namun resiko kanker payudara ternyata akan jauh lebih menurun. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Peneliti mengungkapkan jika mereka yang berolahraga setidaknya 5 jam dalam seminggu akan lebih baik dalam membakar kandungan lemak di dalam tubuh. Kaum hawa sendiri memiliki kecenderungan untuk banyak menyimpan lemak di area perut yang bisa menjadi sumber utama bagi hormon pemicu kanker payudara. Selain itu, kandungan lemak ini juga bisa memicu peradangan pada berbagai bagian tubuh. Dengan melakukan olahraga, maka kandungan lemak yang semakin menurun berarti akan menurunkan pula resiko munculnya kanker payudara.

Peneliti juga mengungkapkan jika kita tidak harus melakukan olahraga di gym untuk mengurangi resiko terkena kanker payudara. Bahkan, andai kita melakukan olahraga sederhana layaknya berjalan kaki hingga bersepeda dalam waktu total setidaknya 300 menit dalam setiap pekannya, kita sudah bisa menurunkan resiko terkena kanker payudara dengan sangat signifikan.