Olahraga Bisa Membuat Otak Tetap Muda

DokterSehat.Com – Selain tubuh yang menjadi segar dan bugar, ternyata otak juga akan mendapat manfaat dari kebiasaan olahraga setiap hari. Sel-sel saraf di otak ini terbukti bisa dipacu pertumbuhannya lewat olahraga yang biasa anda lakukan. Untuk lansia yang rajin olahraga terbukti bisa menjawab tes psikologi dengan lebih baik dan lancar. Hal tersebut karena sebagian besar orang memiliki jumlah sel saraf yang konstan ketika mereka dewasa dan sel-sel saraf tersebut perlahan akan mati ketika anda memasuki Lansia.



Sampai pada pertengahan tahun 90-an kemarin, kebanyakan ilmuan berpikir bahwa kehilangan sel-sel saraf di otak itu tidak mungkin tergantikan dan itu merupakan kondisi yang harus diterima. Tapi dalam beberapa kali percobaan pada hewan ternyata telah berhasil membalikkan asumsi tersebut dan membuktikan bahwa neurogenesis di otak ternyata dapat dipacu lewat olahraga secara teratur.

Sebuah penelitian yang juga diterbitkan dalam Proceeding of the National Academy of Sciences menerapkan bahwa prinsip pergantian se-sel saraf tersebut bisa juga terjadi kepada manusia yang rutin berolahraga dan percobaan selanjutnya mulai dilakukan kepada manusia dewasa.

Dalam percobaan tersebut tercatat bahwa setelah anda berolahraga selama tiga bulan, secara mengejutkan hampir semua responden tampak memiliki tunas-tunas sel saraf baru dalam otak mereka. Yang paling banyak adalah yang melakukan olahraga kebugaran kardiovaskular. Olahraga ini juga dipercaya merupakan hasil pengubahan stem cell atau sel punca menjadi sel-sel saraf yang fungsional dan kembali aktif.

Scott Small, yang merupakan ahli ilmu saraf dari Columbia University Medical Center yang juga seorang penulis utama penelitian ini bersama Fred Gage dari Salk Institute Neurobiologi mengatakan bahwa sangat menarik untuk melihat efek olahraga terhadap manusia untuk pertama kalinya. Karena anggapan sel otak tidak akan tergantikan, kini sudah terbantahkan dan bahkan hal ini sangat gampang dilakukan. Yakni dengan olahraga.

Baca Juga:  Ini Bahayanya Terlalu Banyak Tidur

Dalam eksperimen Small dan Gage tersebut, sel-sel saraf baru tersebut tumbuh di bagian otak yang berfungsi untuk mengatur pembelajaran dan memori seseorang. Daerah inilah yang konon akan membantu otak untuk mencocokkan nama dan wajah, yang merupakan satu keterampilan yang sangat mungkin berkurang ketika kita sudah mulai menua.

Dengan olahraga secara teratur, maka olahraga ini tampaknya akan merestorasi sel otak tersebut menjadi lebih sehat dan lebih muda. Arthur Kramer, yang merupakan seorang psikolog dari University of Illinois Amerika Serikat bahkan mengatakan bahwa ini bukan soal memperlambat proses penuaan yang terjadi dalam otak kita, akan tetapi mampu mengembalikan fungsi otak kita menjadi lebih muda dan segar.

Dari hasil penelitian Kramer ini juga menunjukkan efek pada frontal lobes, yang merupakan bagian otak yang melakukan tugas eksekutif seperti membuat keputusan, melakukan banyak pekerjaan dan merencanakan. Dengan teknologi pemindaian, ternyata para peneliti menemukan frontal lobes akan membesar karena olahraga secara rutin.