Olahraga Berlebihan Mempengaruhi Kesuburan?

DokterSehat.Com – Sudah menjadi rahasia umum jika olahraga adalah salah satu kunci bagi kita untuk mendapatkan tubuh yang segar, bugar, dan sehat. Pakar kesehatan pun sudah berkali-kali mengingatkan kita tentang pentingnya melakukan olahraga secara rutin, yakni setidaknya 3 kali dalam seminggu sehingga berbagai sistem dalam tubuh pun bisa bekerja dengan lebih optimal. Sayangnya, kini ada sebuah mitos yang berkembang di masyarakat dimana mereka yang terlalu sering melakukan olahraga beresiko mengalami masalah kesuburan, apakah hal ini benar adanya?

doktersehat-olahraga-exercise-sehat

Pakar kesehatan menuturkan jika olahraga ternyata bisa memberikan efek candu bagi beberapa orang dan pada akhirnya membuat seseorang merasa tubuhnya tidak nyaman jika tidak melakukannya setiap hari. Sayangnya, jika hal ini terjadi pada kaum hawa, maka wanita yang berolahraga dengan intensitas tinggi setiap hari memiliki resiko terkena masalah kesuburan. Hal ini dikarenakan olahraga yang terlalu sering ini akan menaikkan kadar kortisol dengan signifikan dan justru menurunkan kadar hormon tiroid dalam tubuh. Hal ini berarti tubuh mengalami masalah ketidakseimbangan hormon yang memiliki pengaruh besar pada tingkat kesuburan kaum hawa.

Memang, olahraga dengan rutin dan intens akan secara efektif memberikan dampak positif bagi tubuh yang terbebas dari berbagai lemak jahat. Sayangnya, banyak kadar lemak yang juga dibutuhkan oleh tubuh, khususnya bagi kesuburan kaum hawa yang ternyata ikut terpangkas sehingga kesuburan pun bisa mengalami gangguan.

Melihat adanya fakta ini, pakar kesehatan pun menyarankan kaum hawa untuk melakukan olahraga yang sesuai dengan frekuensi yang tepat. Sebagai contoh, yoga, berenang, jogging, atau aerobik dianggap sebagai olahraga yang cocok bagi kaum hawa. Olahraga yang memiliki intensitas berat layaknya angkat beban jika dilakukan terlalu sering berpotensi menimbulkan kelelahan. Andai anda ingin menurunkan berat badan pun, cobalah melakukan olahraga dengan teratur karena olahraga yang berlebihan justru ditengarai bisa merusak kesehatan tubuh.