Olahraga Bagi Penderita Asma

Dokter Sehat – Siapa bilang seorang penderita penyakit asma tidak boleh berolahraga? Olahraga merupakan kegiatan yang selalu direkomendasikan oleh setiap ahli kesehatan, termasuk bagi mereka dengan gangguan pernafasan seperti asma. Pada setiap kegiatan fisik yang menguras tenaga, intensitas bernafas pun semakin meningkat menyebabkan semakin banyaknya karbondioksida yang dikeluarkan. Hal itu membuat tubuh secara otomatis melebarkan saluran pernafasan yang mana hal itu akan berdampak baik bagi para penderita asma.



Jenis olahraga untuk penderita asma :

1. Yoga
Fokus utama dari olahraga ini adalah melatih pernafasan, yoga bisa membantu paru-paru Anda untuk tetap aktif. Sebuah studi menyebutkan, penderita asma yang rutin melakukan yoga minimal 10 jam per minggu dapat mengurangi ketergantungannya pada obat asma.

2. Jalan kaki
Jalan kaki bisa disebut sebagai olahraga yang ringan bagi penderita asma, tanpa diniatkan khusus untuk jalan kaki hampir tiap saat Anda berjalan kaki bukan. Anda bisa membiasakan diri berjalan ke pasar, jalan santai di pagi hari di taman kota sambil mencari sarapan atau di sore hari sambil mencari camilan. Jalan kaki terbukti efektif untuk meningkatkan stamina tubuh dan tetap bugar tanpa serangan asma.

3. Renang
Olahraga air ini adalah salah satu olahraga yang sangat dianjurkan untuk penderita asma, berenang dapat melatih sistem pernafasan Anda, memperbaiki kerja otot pernafasan dan meningkatkan toleransi terhadap tindakan yang bisa memicu serangan asma.

4. Senam aerobic
Senam aerobik umumnya tidak memberatkan penderita asma, untuk memulai senam sangat disarankan untuk melakukan pemanasan dan pendinginan sesudah senam. Pemanasan bermanfaat agar tubuh siap melakukan aktifitas fisik. Senam aerobik juga disarankan tidak langsung 1 jam, melainkan bertahap. Dimulai dari 20 menit pertama, 40 menit, dan 60 menit.

Baca Juga:  Mencegah Kerontokan Rambut Pada Wanita

Apabila terjadi serangan asma saat Anda sedang olahraga, jangan langsung panik karena ini akan memperburuk kondisi Anda. Tetap tenang, minum air putih atau langsung menghirup obat asma Anda. Sangat dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum Anda rutin melakukan olahraga.