Olahraga Atau Diet Yang Akan Lebih Efektif Membuat Tubuh Langsing?

DokterSehat.Com – Mendapatkan tubuh yang langsing dan ideal adalah dambaan banyak orang. Bagaimana tidak, dengan bentuk tubuh dan berat badan yang ideal, maka kita pun memiliki kemungkinan mendapatkan resiko yang minimum dari penyakit-penyakit berbahaya layaknya obesitas, penyakit jantung, atau bahkan kanker. Kita tentu sering mendengar saran dari pakar kesehatan untuk melakukan diet atau olahraga demi mendapatkan berat badan yang ideal. Yang menjadi pertanyaan adalah, manakah yang lebih efektif, diet atau olahraga?

doktersehat-wanita-obesitas-meningkat

Pakar kesehatan sendiri masih mendebatkan kedua hal ini. Bagi sebagian pakar kesehatan, diet akan jauh lebih efektif untuk menurunkan berat badan jika dibandingkan dengan olahraga. Pendapat ini dituangkan dalam buku Research & Nursing in Health oleh pakar kesehatan dari The American College of Sport Medicine. Bagi mereka, mengendalikan konsumsi kalori akan lebih mudah dilakukan untuk menurunkan berat badan alih-alih jika dibandingkan dengan membakar kalori tubuh dengan berolahraga. Logikanya, alih-alih lelah bergerak untuk membakar kalori, tentu lebih baik menahan keinginan untuk mengkonsumsi beberapa jenis makanan, bukan?

Sementara itu, sebagian pakar kesehatan lain justru sangat menyarankan olahraga sebagai solusi utama menurunkan berat badan, karena inilah cara paling efektif membuang lemak berlebihan dalam tubuh. Salah satu pakar kesehatan dari University Illinois, Amerika Serikat, bernama Professor Jeffrey Woods, bahkan berkata jika seseorang bisa dengan santai memakan apa saja tanpa perlu takut kegemukan asalkan mereka rutin melakukan olahraga yang mampu membakar kalori. Sekelompok peneliti yang menulis jurnal berjudul Exercise and Sport Sciences Reviews pada edisi ke 28 bahkan menyatakan jika hasil penurunan berat badan melalui olahraga baru bisa disamai jika seseorang melakukan diet makanan yang sangat ketat.

Baca Juga:  Payudara Sakit Saat Berolahraga

Alih-alih mendebatkan mana yang lebih efektif, ada baiknya kita justru mengkombinasikan kedua hal ini agar mendapatkan penurunan berat badan yang cepat sekaligus sehat. Kombinasi antara pola makan dengan gizi seimbang dengan pembatasan kalori dan rutinitas olahraga yang membakar lemak berlebih tentu akan berdampak positif bagi tubuh. Selain berat badan yang turun, tubuh pun akan menjadi lebih kencang, bugar, dan sehat setiap saat.