Olahraga Angkat Besi Semakin Populer di Indonesia

DokterSehat.Com – Olimpiade Rio 2016 ternyata menjadi berkah tersendiri bagi dunia olahraga angkat besi tanah air. Meskipun telah berkali-kali memberikan prestasi bagi dunia olahraga nasional. Olahraga angkat besi masih kalah pamornya dari olahraga beregu macam sepakbola, bola voli, atau bahkan olahraga paling populer di Indonesia, Bulutangkis. Hanya saja, berkat raihan dari dua atlet angkat besi yang fenomenal, dimana Sri Wahyuni Agustiani dan Eko Yuli Irawan secara menakjubkan meraih medali perak di Olimpiade, masyarakat pun semakin ingin tahu lebih dalam tentang olahraga ini.

doktersehat-angkat-besi-populer-olimpiade-2016

Pakar olahraga Michael Stone, Ph.D. yang berasal dari Eastern State University menyebutkan jika olahraga angkat besi adalah olahraga yang ajaib. Bagaimana tidak, atlet olahraga angkat besi adalah manusia super yang mampu mengangkat beban yang berkali-kali lipat dari beban tubuhnya. Kita akan takjub dengan banyaknya atlet yang berbadan mungil namun mengangkat beban begitu berat layaknya yang dilakukan oleh Sri Wahyuni atau Eko Yuli belakangan ini.

Memang, olahraga angkat besi ini hanya mengangkat beban dalam jangka waktu beberapa detik saja. Namun, tanpa adanya latihan dan teknik yang benar, hampir mustahil kita bisa mengangkat beban yang luar biasa berat tersebut. Stone menyebutkan jika olahraga angkat besi mampu membuat seluruh otot pada tubuh berkolaborasi untuk mengangkat beban lebih jauh dan lebih cepat jika dibandingkan dengan olahraga biasa.

Latihan olahraga angkat besi sama sekali berbeda dengan angkat beban yang banyak dilakukan orang-orang di pusat kebugaran. Jika di pusat kebugaran, angkat beban ini cukup dilakukan dengan sedikit instruksi dan bisa dilakukan dengan aman. Namun, angkat besi jelas berbeda, dibutuhkan instruktur berkualitas tinggi agar atlet bisa mengangkat beban luar biasa berat ini tanpa adanya resiko cedera. Latihan yang dilakukan pun ditargetkan agar serabut pada otot-otot mengingat bagian inilah yang akan membesar dan menjadi lebih kuat dalam waktu yang cepat demi mampu mengangkat beban yang sangat berat ini.

Baca Juga:  KeSalahPahaman tentang Kolesterol

Jadi, apakah anda penasaran dan ingin mencoba melakukan latihan angkat besi?