Olahraga 15 Menit Bisa Membuat Umur Lebih Panjang

DokterSehat.Com – Banyak orang yang mengaku jika mereka kesulitan mendapatkan waktu untuk berolahraga setiap harinya. Kesibukan dunia kerja dan aktivitas sehari-hari membuat kita enggan untuk melakukan aktivitas fisik yang menyehatkan ini. Padahal, menurut pakar kesehatan, kita sebenarnya tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk berolahraga dan seharusnya mampu melakukannya setiap hari di sela-sela kesibukan. Sebuah penelitian bahkan menunjukkan fakta menarik bahwa hanya dengan menyempatkan waktu 15 menit saja dengan rutin untuk berolahraga, kita bisa berumur lebih panjang.

doktersehat-exercise-couple-pasangan-jogging-lari-membakar-lemak

Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan lebih dari 123 ribu partisipan dengan usia lebih dari 60 tahun selama kurun waktu 10 tahun. Dari semua partisipan, ada kelompok orang yang rutin berolahraga meskipun waktunya cenderung sebentar, dan ada juga orang yang sama sekali tidak suka berolahraga. Hasilnya adalah, 22 persen dari mereka yang melakukan aktifitas fisik meskipun sebentar saja akan memiliki kemungkinan besar berumur lebih panjang. 15 menit berolahraga dianggap sudah cukup untuk meningkatkan usia sebanyak 28 persen hingga 35 persen lebih banyak jika dibandingkan dengan mereka yang malas berolahraga.

Dr. David Hupin dari University Hospital of Saint-Etienne, Perancis, mengungkapkan jika fakta ini menjadi kabar gembira bagi para lansia yang ingin terus hidup dalam kondisi sehat pada usianya. Menurut beliau, para lansia ini memang sebaiknya menghindari olahraga yang keras dengan durasi lebih dari 75 menit namun diperbolehkan berolahraga ringan atau sedang selama tidak melebihi waktu 150 menit. Namun, menurut beliau, 15 menit berolahraga dalam sehari sebenarnya sudah dianggap ideal bagi para lansia untuk membuat tubuh mereka menjadi lebih sehat.

Dengan adanya fakta ini, masih mau berdalih tidak punya waktu untuk berolahraga? Ingat, 15 menit sudah cukup untuk membuat tubuh kita lebih sehat, lho.