Obesitas Ternyata Bisa Memicu Migrain

DokterSehat.Com – Sudah menjadi rahasia umum jika obesitas atau kelebihan berat badan adalah hal yang sangat buruk bagi kesehatan tubuh kita. Terdapat ada banyak sekali peningkatan resiko terkena penyakit berbahaya yang diakibatkan oleh kondisi tubuh yang obesitas, diantaranya adalah penyakit diabetes, penyakit jantung, penyakit kanker, dan lain sebagainya. Namun, belakangan ini ditemukan fakta yang cukup mengejutkan dimana para penderita obesitas ternyata memiliki kecenderungan lebih sering terkena migrain. Tak tanggung-tanggung, mereka yang berusia 25 hingga 55 tahun memiliki resiko besar terkena sakit pada kepala ini yang bahkan bisa diiringi dengan sensasi mual-mual hingga muntah atau bahkan jatuh pingsan. Yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana masalah obesitas dan masalah migrain bisa terkorelasi?

shutterstock_328176542 copy

Pakar kesehatan menyebutkan jika seseorang mengalami obesitas, maka tubuhnya akan dipenuhi oleh sel-sel lemak yang sangat berlebihan. Sel-sel lemak yang berlebihan ini ternyata sangat tidak baik bagi tubuh kita karena bisa menyebabkan inflamasi dan juga migrain. Bahkan, sebuah penelitian menunjukkan sebuah fakta mengejutkan jika mereka yang mengalami obesitas akan memiliki 81 persen resiko lebih tinggi menderita migrain.

Jika dibandingkan dengan mereka yang memiliki berat badan yang normal, penderita obesitas juga memiliki kecenderungan mendapatkan frekuensi serangan migrain yang jauh lebih besar, yakni hingga lima kali lebih banyak. Bahkan, jika hal ini dibiarkan begitu saja, dikhawatirkan penderita obesitas akan mengembangkan migrain ke tahapan yang sangat kronis lebih besar tiga kali lipat jika dibandingkan dengan mereka yang memiliki berat badan normal.

Penelitian lain juga menunjukkan fakta dimana mereka yang menderita migrain akan cenderung memiliki kadar kolesterol jahat, kadar gula darah, dan kadar insulin yang cenderung sama jika dibandingkan dengan penderita masalah obesitas. Karena fakta inilah migrain dan obesitas memiliki kaitan yang erat. Hal ini berarti, andai kita tidak ingin terkena migrain, maka ada baiknya kita menjaga berat badan kita agar tetap normal.