Obesitas Dan Pencegahan Obesitas Pada Anak

Dokter Sehat – Anak dikatakan mempunyai berat badan berlebihan jika berat badannya 95% lebih berat dari anak-anak lainnya dengan kategori usia yang sama. Anak yang obesitas, apabila pembentukan jaringan lemaknya terjadi sebelum periode usia 5-7 tahun, memiliki kecenderungan berat badan berlebih saat tumbuh dewasa. Sama seperti orang dewasa, kelebihan berat badan anak terjadi karena ketidak seimbangan antara energi yang masuk dan energi yang keluar.



Faktor penyebab obesitas pada anak-anak :

  1. Menghabiskan waktu berlebihan untuk  menonton televisi, menggunakan komputer, dan bermain video game.
  2. Mengkonsumsi makanan cepat saji dan makanan lain yang mengandung kadar lemak yang tinggi, makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi dan makanan ringan lainnya.

Obesitas atau berat badan yang berlebihan dapat mengancam kesehatan yaitu dapat menimbulkan penyakit Diabetes Melitus tipe II, terutama pada anak-anak dengan riwayat keluarga yang mempunyai penyakit Diabetes Melitus. Penyakit Diabetes Melitus dapat mengakibatkan penyakit  Jantung, penyakit Ginjal, penyakit Tekanan darah tinggi, dan penyakit Stroke.

Cara pencegahan obesitas pada anak :

  1. Mengembangkan gaya hidup sehat pada anak-anak, seperti mengikuti kegiatan olahraga, baik di sekolah maupun di lingkungan tempat tinggal.
  2. Mengembangkan pola makan yang sehat pada anak-anak, seperti menghindari makanan cepat saji. Hindari makanan yang mengandung kadar lemak, kadar gula yang tinggi, dan melatih anak-anak makan aneka buah-buahan dan sayuran.
  3. Membatasi anak-anak menonton televisi dua jam perhari atau bisa dengan mengkombinasikan antara menonton televisi dengan bermain komputer dalam waktu dua jam perhari.