Obesitas Bisa Diatasi Dengan Suntikan?

DokterSehat.Com – Salah satu masalah kesehatan yang cenderung sulit untuk diatasi adalah obesitas atau kelebihan berat badan. Bagaimana tidak, menambah berat badan memang cenderung cukup mudah untuk dilakukan bagi banyak orang, namun, menurunkannya harus melalui perjuangan yang luar biasa dengan cara menerapkan pola makan yang tepat dan rutin melakukan aktivitas fisik. Namun, sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa dalam 10 tahun ke depan sepertinya kita akan memiliki solusi yang mudah dan cepat untuk mengatasi obesitas. Solusi ini diyakini akan berupa satu suntikan saja. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-gemuk-gendut-obesitas

Pakar kesehatan Sir Steve Bloom yang berasal dari Imperiall College di London, Inggris, menyebutkan jika selama ini kita hanya memiliki metode operasi gastric bypass atau pemotongan lambung yang diyakini bisa mengatasi masalah obesitas dengan cepat sekaligus menurunkan resiko terkena diabetes tipe 2. Logikanya, dengan ukuran lambung yang lebih kecil, maka kita akan lebih mudah kenyang dan pada akhirnya akan membuat berat badan berangsur turun. Namun, metode ini cenderung sangatlah mahal dan memiliki resiko kematian, meskipun resikonya cukup rendah, yakni 1 dibandingkan 500 orang.

Sir Bloom menyebutkan jika dengan memakai suntikan hormon tertentu, diharapkan kita bisa menurunkan nafsu makan sekaligus membuat kita lebih mudah merasa kenyang, yang berarti kita juga akan semakin mudah menurunkan berat badan tanpa harus melakukan operasi dan menghabiskan banyak biaya. Pada penelitian tentang suntikan hormon ini, ada dua pria obesitas yang menjadi partisipan yang kemudian disuntik dengan hormon. Mereka pun diminta untuk menghabiskan makanan kari ayam yang memiliki kadar kalori sebanyak 280 kalori. Setelah mengkonsumsinya, mereka mengaku jika mereka sudah merasa kenyang dan bisa menahan lapar dalam waktu yang lama.

Baca Juga:  Manfaat Semangka Untuk Kesehatan

Para partisipan ini menyebutkan jika suntikan yang berisi hormon OXM, PYY, dan juga GLP1 ini bisa membuat nafsu makan para partisipan ini menurun hingga 30 persen. Penelitian pun terus dilakukan agar di masa depan suntikan ini bisa benar-benar tidak memberikan efek samping bagi tubuh dan bisa bertahan dalam waktu yang lama sehingga akan menjadi solusi yang mudah bagi mereka yang ingin mengatasi masalah obesitas.