Obesitas Bisa Dialami Oleh Orang Berbadan Kurus

DokterSehat.Com – Tubuh yang gemuk sering kali diasosiasikan dengan badan yang kurang sehat. Bagaimana tidak, tubuh yang gemuk biasanya memiliki banyak timbunan lemak dalam tubuh yang tentu bisa membahayakan kesehatan. Bahkan penyakit berbahaya layaknya penyakit jantung dan penyakit diabetes kerap kali dikaitkan dengan tubuh yang gemuk. Orang pun banyak yang berusaha keras untuk memiliki tubuh yang kurus. Namun, apakah dengan tubuh yang kurus kita sudah bisa menjamin kesehatan badan?

doktersehat-Anoreksia-Nervosa

Jawabannya ternyata tidak. Pakar kesehatan berkata bahwa tubuh yang kurus ternyata belum menjamin kesehatan badan sama sekali. Banyak orang yang bertubuh kurus namun ternyata masih memiliki kandungan lemak yang tinggi di dalam tubuhnya. Meskipun dari luar terlihat sangat normal, banyak orang dengan bentuk tubuh yang normal ternyata tergolong dalam kondisi obesitas secara metabolik. Lemak jahat ternyata tidak selalu banyak ditemui di orang dengan tubuh gemuk. Beberapa orang yang bertubuh kurus justru bisa memiliki banyak kandungan lemak jahat pada organ-organ vital dalam tubuh layaknya hati, pankreas, atau bahkan jantung. Hal ini berarti, resiko mendapatkan penyakit jantung dan diabetes tentu saja masih tinggi.

Jurnal yang diterbitkan oleh American Medical Association bahkan menunjukkan bahwa setidaknya satu orang dari empat orang dengan tubuh yang kurus ternyata memiliki kadar kolesterol jahat, kadar gula darah, dan bahkan tekanan darah yang tinggi sehingga beresiko terkena diabetes atau penyakit jantung. Hal ini berarti kita yang bertubuh kurus tentu harus memastikan kadar gula darah, kolesterol jahat, hingga tekanan darah dalam kondisi yang rendah. Kita bisa melakukan tes darah dan jika kondisi gula darah kita kurang dari 100 mg/dl, kondisi kolesterol baik lebih dari 60 mg/dl, kondisi trigliserida kurang dari 100 mg/dl, dan hasil pengukuran tekanan darah masih dalam kondisi normal, maka tubuh kita masih dalam kondisi yang baik-baik saja.

Baca Juga:  Mengenal Penyakit Lepra: Apakah Bisa Sembuh?

Untuk memastikan tubuh kita tetap sehat, kita tentu harus menjalankan gaya hidup yang sehat dengan banyak mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, istirahat yang cukup dan berkualitas, serta melakukan olahraga yang teratur. Ingat, meskipun tubuh kita kurus, jangan ragu untuk membatasi konsumsi gula, karbohidrat, dan juga makanan berlemak yang bisa membuat tubuh menjadi kurang sehat.