Obat Vagina Kering Herbal

cara menghilangkan bau vagina

DokterSehat.Com– Kelembaban vagina dihasilkan oleh lendir serviks yang ada pada kelenjar serviks (kelenjar leher rahim), guna dari lendir serviks ini adalah membersihkan organ kewanitaan dari sel-sel mati cairan yang kemudian dikeluarkan setelah masa mestruasi berakhir melalui rongga vagina. Rata-rata wanita mengeluarkan sisa cairan sel-sel mati ini sebanyak 2 gr sel-sel mati dan 3 gr lendir atau cairan.

Selain kelenjar serviks atau kelenjar leher rahim yang menghasilkan cairan vagina, adapula kelenjar lainnya yang membantu kelenjar serviks menghasilkan cairan lubrikasi yakni kelenjar batholini yang memiliki fungsi untuk menghasilkan cairan lubrikasi tambahan pada vagina ketika sedang melakukan aktivitas seksual.

Akan tetapi cairan atau lubrikasi yang dihasilkan dari kelenjar batholini lebih banya dibanding cairan atau lubrikasi vagina yang dihasilkan oleh kelenjar serviks, cairan vagina yang dihasilkan oleh kelenjar batholini ini memiliki bau yang khas yang merupakan hasil evolusi jutaan tahun yang dapat mningkatkan daya rangsang wanita terhadap pasangannya dan dapat pula dijadikan sebagai tanda bahwa wanita sudah siap untuk melakukan aktivitas seksual.

Mencegah vagina kering

  • Hindari produk beraroma keras
    Beberapa produk pencuci vagina atau sabun mandi yang memiliki aroma yang keras bisa mengandung alkohol yang dapat membuat iritasi pada vagina. Jika ingin mencuci vagina, menggunakan air bersih saja sudah cukup.
  • Banyak minum
    Dehidrasi vagina sama halnya dengan dehidrasi tubuh, yang dapat terjadi karena tubuh Anda tidak memiliki kandungan air yang cukup. Untuk mengatasi vagina kering saat berhubungan seks, minumlah air yang cukup.
  • Rangsangan yang cukup
    Selain karena masalah fisik, vagina yang kering juga dapat terjadi karena kurangnya rangsangan dari pasangan Anda. Foreplay yang cukup sangatlah dianjurkan untuk pasangan sebelum melakukan penetrasi.
  • Gunakan pelumas
    Ini adalah salah satu metode yang cepat dan populer digunakan untuk menangani masalah vagina yang kering. Berhubungan seks menjadi sangat sulit dengan vagina kering, karena rasa sakit dan peradangan membuat hampir tidak mungkin untuk melakukan penetrasi.

Pengobatan

Banyak terdapat produk lubrikan untuk membantu Anda. Namun, jika Anda khawatir dengan kandungannya, Anda bisa membuatnya sendiri. Berikut adalah tips pembuatan cairan lubrikan buatan sendiri dari seorang bidan bernama Aviva Romm dari Amerika yang belajar di Yale University.

  • 4 sendok teh cocoa butter
  • 4 sendok teh minyak kelapa
  • 2 sendok teh minyak almon
  • 10 tetes minyak esensial sandalwood
  • 10 tetes minyak esensial vanila

Campur bahan-bahannya, simpan di dalam botol kaca, aplikasikan setiap kali dibutuhkan.