Obat Tradisonal Belum Tentu Aman

DokterSehat.com – Tingginya harga obat-obatan modern yang dipasarkan di apotek membuat banyak masyarakat lebih memilih menggunakan obat-obatan herbal untuk mengatasi keluhan penyakit yang tengah diderita. Padahal, hal tersebut tak selamanya tepat.



Kendati terbuat dari bahan-bahan alami seperti dedaunan, akar-akara, ataupun rerumputan, sebenarnya obat herbal juga berpotensi mendatangkan efek samping yang sama seperti obat-obatan kimiawi. Obat-obatan herbal yang dipercaya menyembuhkan penyakit tersebut juga mengandung senyawa kimia, oleh sebab itulah tidak menutupkemungkinan obat herbal pun mampu menimbulkan efek samping yang membahayakan tubuh.

Obat herbal sejatinya juga tidak dapat dikonsumsi secara sembarangan, pasalnya respon masing-masing individu akan berbeda satu sama lain saat mengkonsumsi obat-obatan herbal. Meskipun memiliki keluhan penyakit yang sama, belum tentu herbal yang diberikan akan dapat memberikan efek menyembuhkan yang sama antara pasien yang satu dengan yang lainnya.

Guru Besar Ilmu Farmasi Universitas Indonesia menyatakan bahwa suatu produk obat herbal dinyatakan aman apabila keamannya telah dibuktikan secara ilmiah melalui rangkaian uji keamanan yang terdiri atas uji toksisitas akut, uji toksisitas subakut, uji toksisitas kronik, serta uji teratogenik.

Konsumsi obat herbal yang dilakukan secara bersamaan dengan obat modern juga dapat menimbulkan efek samping bagi tubuh seperti alergi, gangguan tidur, gangguan ginjal dan hati, dan lain sebagainya.

Pada umumnya obat-obatan herbal menampakkan hasilnya dalam waktu yang panjang, oleh sebab itu akan lebih baik jika obat herbal hanya digunakan sebagai media menjaga daya tahan tubuh atau pemulihan setelah masa sakit.