Obat Tradisional Berbagai Jenis Batuk

DokterSehat.Com – Batuk bukanlah suatu penyakit, batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap dan sebagainya.



Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernapasan, bahkan telinga). Kemudian reseptor akan mengalirkan lewat syaraf ke pusat batuk yang berada di otak. Di sini akan memberi sinyal kepada otot-otot tubuh untuk mengeluarkan benda asing tadi, hingga terjadilah batuk.

Penyakit batuk bisa menyerang siapa saja dan kapan saja, tentu kondisi ini akan sangat menjengkelkan dan tidak menyenangkan. Ada berbagai cara untuk mengobati penyakit batuk, dan yang termudah adalah dengan membeli obat batuk modern di warung atau apotik.

Namun demikian, tidak semua orang mau mengkonsumsi obat-obatan modern. Oleh karena itu, penggunaan obat batuk tradisional bisa menjadi pilihan. Sebab dengan obat batuk alami, selain ampuh dan mujarab, juga lebih aman dan minim efek samping.

Ada beberapa macam penyebab batuk :

  • Umumnya disebabkan oleh infeksi di saluran pernapasan bagian atas yang merupakan gejala flu.
  • Infeksi saluran pernapasan bagian atas (ISPA).
  • Alergi.
  • Asma atau tuberculosis.
  • Benda asing yang masuk kedalam saluran napas.
  • Tersedak akibat minum susu.
  • Menghirup asap rokok dari orang sekitar.
  • Batuk Psikogenik. Batuk ini banyak diakibatkan karena masalah emosi dan psikologis.

Obat tradisional berbagai jenis batuk

Sediakan air jeruk nipis 1 sendok makan ditambah madu 2 sendok makan dan air matang 2 sendok makan, masukkan dalam cangkir dan kukus. Setelah agak dingin, minumkan pada anak sebanyak 1-2 sendok teh. Berikan sehari 5 kali.

Batuk seratus hari

Sediakan umbi bidara upas sebesar 1/2 jempol yang sudah bersih, parut dan seduh dengan air panas, lalu aduk-aduk dan dinginkan. Saring dan tambahkan sedikit madu. Minum sampai habis. Buatlah ramuan ini 3 kali sehari. Bisa juga gunakan ramuan lidah buaya. Lidah buaya dikupas kulitnya dan ambil bagian dagingnya sebanyak dua jari, kemudian dicacah. Tambahkan air hangat dan madu, lalu diminumkan pada anak 1-2 kali sehari.

Baca Juga:  5 Penyakit Mata Yang Sering Terjadi

Batuk karena angin atau dahak susah keluar

Sediakan 1 butir bawang merah diparut, 1 ruas jari jahe diparut dan diperas airnya, 7 butir adas manis, 1 ruas jari kunyit diparut dan diperas airnya, 1 sendok makan air jeruk nipis, dan 1/2 gelas air. Masukkan semua bahan di cangkir, kemudian kukus dan setelah itu saring. Minum 3 kali sehari masing-masing 2 sendok teh.

Batuk berlendir

Campurkan air jahe 1 sendok makan, air kunyit 1 sendok makan, bawang putih 1 siung diparut, air jeruk nipis 1 sendok makan, madu 1 sendok makan, dan 3 sendok makan air matang, kemudian dikukus. Diminumkan 3-4 kali sehari 2 sendok teh.

Demikianlah artikel obat tradisional berbagai jenis batuk, semoga bermanfaat.