Obat Tidur Ternyata Tidak Baik Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com – Dikarenakan terlalu banyak stress yang menimpa masyarakat modern, khususnya yang disebabkan oleh dunia pekerjaan dan transportasi, gangguan tidur pun kini mulai banyak didapatkan oleh masyarakat. Mereka yang susah untuk tidur pun akan mendapatkan tubuh mereka kurang fit di pagi hari dan mendapatkan resiko kesehatan yang cukup besar. Untuk mengatasi masalah kurang tidur, banyak masyarakat yang akhirnya memilih untuk mengkonsumsi obat tidur. Pertanyaannya adalah, apakah obat tidur yang dikonsumsi rutin setiap hari berbahaya bagi kesehatan?

doktersehat-obat-tidur

Dengan mengkonsumsi obat tidur, tidur bisa menjadi lebih lelap. Sayangnya, banyak pakar kesehatan yang berkata bahwa konsumsi obat tidur tentu saja akan sangat tidak baik bagi kesehatan. Dalam beberapa kasus, banyak pengkonsumsi obat tidur justru mengalami kecanduan dan ketergantungan yang berlebihan. Orang bahkan berkata bahwa tanpa obat tidur, mereka akan mengalami insomnia parah dan tidak bisa beristirahat sama sekali karena adanya rasa cemas berlebihan. Beberapa orang yang melawan kecanduan obat tidur bahkan bisa mengalami mutah-mutah, berkeringat, dan juga tubuh yang menggigil.

Obat tidur bisa memberikan efek samping berupa kinerja otak yang cenderung menurun dan mudah pelupa. Banyak orang yang melaporkan bahwa setelah lama mengkonsumsi obat tidur, waktu bekerja di siang hari sering dilalui dengan rasa pusing, kesulitan berkonsentrasi, dan juga kesulitan untuk mengingat sesuatu. Kondisi ini disebabkan karena adanya gangguan saraf yang disebabkan oleh konsumsi obat tidur yang berlebihan.

Anda harus ingat bahwa kesulitan tidur biasanya disebabkan karena faktor kondisi psikologis alih-alih masalah yang bisa diselesaikan dengan obat tidur. Gangguan mental layaknya stress dan kecemasan akan masa depan bisa memicu kesusahan tidur sehingga alih-alih mengkonsumsi obat tidur, kita sebaiknya mencoba melepas masalah psikologis ini dan mengatur pola makan dengan baik agar kita bisa tidur dengan nyenyak secara alami.

Baca Juga:  Mengapa Kini Pasien di Rumah Sakit Memakai Gelang Khusus?