Obat Terbaik Untuk Radang Tenggorokan

DokterSehat.Com – Radang tenggorokan atau Faringitis (bahasa Latin: pharyngitis), adalah suatu penyakit peradangan yang menyerang tenggorok atau hulu kerongkongan (pharynx). Kadang juga disebut sebagai radang tenggorok.



Radang ini bisa disebabkan oleh virus atau bakteri, disebabkan daya tahan yang lemah. Faringitis biasanya disebabkan oleh bakteri streptococcus. Untuk mengatasinya, Anda pun mengonsumsi obat yang mengandung ibuprofen seperti yang banyak dianjurkan. Sebab obat ini mampu mengurangi peradangan tersebut.

Namun tahukah Anda bahwa pengobatan ini ternyata tidak sepenuhnya benar? Seperti dilansir dari dailymail.co.uk, mengonsumsi ibuprofen saat Anda sedang menderita radang tenggorokan malah dapat menurunkan kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus penyebab radang tenggorokan.

Beberapa jenis sakit tenggorokan disebabkan oleh infeksi bakteri sekunder, namun sebagian besar lagi disebabkan oleh virus. Itulah sebabnya diperlukan sistem kekebalan yang kuat untuk melawan virus tersebut, ujar Dr Mike Smith, peneliti dari Patients Association. Untuk itulah kami menyarankan agar Anda mengonsumsi obat yang mengandung parasetamol daripada yang mengandung ibuprofen. Parasetamol langsung bekerja untuk membunuh virus tersebut tanpa menurunkan sistem kekebalan tubuh Anda. Parasetamol juga mampu bermanfaat untuk mengendalikan naiknya suhu tubuh.