Obat Sakit Gigi Untuk Ibu Hamil

DokterSehat.Com – Sakit gigi merupakan salah satu masalah kesehatan pada ibu hamil yang umumnya diderita pada ibu hamil, rasa sakit gigi ini sangat tidak tertahankan, maka dari itu sangat banyak ibu hamil melakukan cara apapun untuk mengobati sakit gigi pada saat hamil.

14

Rasa sakit gigi ini sangatlah menyakitkan sakali bagi penderitanya, sehingga sangat diperlukan sekali pengobatan yang baik dan aman untuk mengatsi sakit gigi. Selain itu sakit gigi pada ibu hamil juga dapat menyebabkan aktifitas sehari-hari terganggu.

Penyebab

  • Kerusakan pada gigi awalnya disebabkan oleh rongga kecil pada lapisan luar gigi yang kemudian dapat berubah menjadi lubang yang dalam sehingga membuat gigi sangat sensitif dan mudah terasa sakit.
  • Rasa sakit pada gigi dapat disebabkan adanya peradangan pada gusi yang menyebabkan gusi menjadi bengkak yang menggangu jaringan penyokong gigi sehingga gigi akan terasa sakit.
  • Tumbuh gigi bungsu adalah salah satu penyebab timbulnya rasa sakit pada gigi karena gigi yang akan tumbuh memberikan tekanan pada gigi yang berdekatan sehingga gigi tersebut akan terasa sakit.
  • Gigi yang miring dapat menimbulkan rasa sakit  saat mengunyah karena gigi tersebut tidak selaras dengan tekanan gigi lainnya yang dapat menyebabkan peradangan pada saraf gigi.

Keempat penyebab tersebut dapat dialami oleh ibu hamil tetapi ibu hamil lebih rentan terkena sakit gigi yang disebabkan oleh peradangan pada gusi karena pengaruh dari hormon kehamilannya. Makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh ibu hamil harus aman bagi janin begitu pula saat mengkonsumi obat  untuk sakit gigi.

Pengobatan sakit gigi pada ibu hamil

  • Gunakan air hangat untuk berkumur sebanyak setengah gelas yang telah dicampur dengan garam dapur dan diaduk hingga garam larut dalam air. Berkumurlah selama 1 menit sebanyak 3 atau 4 kali dalam sehari 30 menit setelah makan.
  • Obat sakit gigi untuk ibu hamil yang baik dikonsumsi adalah parasetamol. Obat ini berfungsi untuk meredakan rasa nyeri pada bagian gigi yang t dijual bebas tanpa resep dokter. Untuk penggunaan obat sakit gigi lainnya dianjurkan harus sesuai dengan resep dokter.
  • Kompreslah daerah pipi tepat pada sisi luar bagian gigi yang sakit dengan menggunakan es batu yang dilapisi dengan handuk bersih yang telah dicelupkan pada air es. Jangan menempelkan  es batu langsung pada gigi karena hal ini dapat membuat gigi terasa semakin sakit.
  • Alternatif lainnya, para ibu hamil yang menderita sakit gigi dapat diobati dengan menggunakan obat oles. Kandungan benzocaine dan minyak cengkeh pada obat oles dapat digunakan sebagai obat sakit gigi untuk ibu hamil yang aman. Kandungan benzocaine dan minyak cengkeh pada obat oles berkhasiat untuk meredekan rasa nyeri pada gigi karena kandungan ini dapat meresap langsung pada jaringan gigi dan gusi yang sakit.