Obat Radang Tenggorokan Pada Anak

DokterSehat.Com – Sakit tenggorokan adalah penyakit yang biasa terjadi di musim kemarau. Cuaca panas ditambah debu yang beterbangan di sana sini bisa menyebabkan daya tahan anak menurun dan menderita sakit tenggorokan.



Berikut beberapa obat radang tenggorokan pada anak:

• Berkumur air garam
Bila umur anak sudah cukup besar, maka Anda dapat menggunakan larutan air garam sebagai obat radang tenggorokan anak. Bahan yang Anda perlukan untuk membuat larutan ini adalah 1 gelas air matang yang hangat, 1/4 sendok teh garam dan 1 sendok makan Listerine bila Anda mau. Campurkan ke 3 bahan di atas, lalu pakailah sebagai cairan berkumur. Perlu diingat bahwa penggunaan air hangat sebagai bahan berkumurlah yang efektif untuk metode ini, sedangkan penggunaan air dingin akan kurang efektif. Larutan ini akan membantu membunuh kuman dan meredakan perasaan nyeri dan sensasi terbakar pada tenggorokan Anda. Selain radang tenggorokan, berkumur air garam juga dapat menjadi obat amandel untuk anak.

• Minum yang cukup
Minum air dalam jumlah yang cukup merupakan obat radang tenggorokan anak yang tidak kalah penting. Mendapatkan asupan cairan yang cukup dapat membuat dahak lebih encer, melembapkan saluran tenggorokan, dan mencegah keadaan dehidrasi. Bila tidak suka air putih, Anda dapat memberikan air teh, air susu, jus atau bahkan kuah sop ayam. Yang jelas, pastikan anak Anda mendapatkan minimal 8 gelas air atau 2 liter air setiap harinya. Minum air yang hangat dan dingin juga dapat menjadi obat amandel untuk anak. Berikan air dalam suhu yang anak inginkan.

• Madu
Selain rasanya yang manis dan enak, madu dapat menjadi obat radang tenggorokan anak yang baik. Menurut banyak sekali penelitian, madu mempunyai efek antibakteri, antivirus, dan antijamur. Selain itu, madu juga dapat melegakan rasa nyeri pada tenggorokan Anda. Madu dapat dikonsumsi dengan cara menelan 1 sendok makan madu. Selain itu, 1 sendok makan madu juga dapat Anda larutkan ke dalam segelas air hangat untuk diminum oleh anak Anda. Namun perlu diketahui bahwa anak dibawah umur 1 tahun dilarang mengkonsumsi madu.

Baca Juga:  Gangguan Saraf Pada Mata Dan Pengobatannya

• Lemon dan jeruk nipis
Sejak jaman dahulu lemon dan jeruk nipis sudah terkenal dapat menyembuhkan dan memperlega penyakit radang tenggorokan. Kandungan astringen, Vitamin C, dan antioksidan di buah ini akan membantu tubuh melawan infeksi, membunuh kuman, dan mengencerkan dahak yang kental. Selain itu, lemon dan jeruk nipis juga mengandung nutrisi yang dapat membantu tubuh menjadi tidak mudah lelah. Banyak cara untuk menggunakan lemon sebagai obat radang tenggorokan anak, namun yang sedang marak direkomendasikan adalah penggunaannya sebagai obat kumur dan campuran minuman lain. Untuk berkumur, campurkan 2 sendok makan lemon atau jeruk nipis ke dalam air, lalu pakai larutan itu untuk berkumur.

BACA JUGA : Gangguan Tidur Kemungkinan Menjadi Pertanda Parkinson